Tes Harian Benelli TNT 250 (6): Ban Standar Sudah Cukup Okeee…


Benelli-TNT-250-Adventuriderz-036

Nggak bisa dipungkiri, berbagai fitur yang disematkan pada Benelli TNT 250 tergolong overkill untuk motor dengan kapasitas mesin 250 cc. Paling tidak kalau dibandingkan dengan motor-motor lain dalam satu level. Mulai dari suspensi upside down, twin-disc brake di roda depan, hingga penggunaan ban yang super gambot. Sebuah pemandangan yang langka melihat motor standar pabrikan dengan kapasitas mesin 250 cc menggunakan ban berukuran 120/70-17 di bagian depan dan 160/60-17 di bagian belakang. Mungkin ukuran ban seperti ini sudah bisa disejajarkan dengan motor-motor berkapasitas 650 cc. Terus gimana performa ban standar Benelli TNT 250?

Nah, Benelli TNT 250 itu menggunakan ban standar buatan Swallow, tepatnya Swallow Samurai. Memang brand yang satu ini tidak masuk dalam daftar merek ban kasta atas. Tapi ternyata performa ban standar Benelli TNT 250 ini nggak begitu buruk. Ketika dipakai dalam kondisi aspal kering, ban cukup menggigit di berbagai rentang kecepatan. Mau pelan, mau kenceng, gripnya bagus. Mungkin juga efek ukuran ban yang besar dan lebar, membuat riding menggunakan Benelli TNT 250 nyaman-nyaman aja buat sedikit rebah-rebahan.

Gimana kalau ketemu kondisi aspal basah? Saya beberapa kali menggunakan Benelli TNT 250 dalam kondisi hujan deras. Malah nggak jarang menemukan genangan air. Tapi rasa-rasanya nggak ada gejala slip atau meleset pada ban Swallow Samurai ini. Dalam kondisi track lurus dengan aspal basah, digeber di kecepatan lebih dari kecepatan 100 km/jam pun masih asyik aja, meskipun memang jadi kurang pede ketika menikung. Nggak berani rebah-rebahan. Namun bagi yang kurang puas dengan ban standar Benelli TNT 250, nggak ada salahnya kalau mengganti dengan ban yang bisa memberikan riding quality lebih baik. Banyak kok di pasaran, seperti Bridgestone Batlax S20, Michelin Pilot Street Radial, atau Pirelli Diablo Rosso Corsa. Ya tentu harganya bakal lebih mahal. Namanya juga ono rego ono rupo.

Benelli-TNT-250-Adventuriderz-035


Advertisements