TVS RTR 450 Keren Juga Ya, Mungkinkah Masuk Indonesia?


TVS-RTR-450-002

Mas bro, cukup menarik ketika akun fans page TVS Motor Indonesia di Facebook mengupload sesosok motor trail yang tinggi, gagah dan ganteng dengan warna biru, menggunakan suspensi upside down super besar, frame double cradle, serta mesin yang sangat padat. Setelah dicermati, di sana terdapat tulisan TVS Racing di cover body depan dan RTR 450 di cover body belakang. Tidak salah lagi mas bro, itu adalah TVS RTR 450. Memang TVS bikin motor trail?

Jadi gini mas bro, dalam bidang balap, khususnya balap motor garuk tanah, TVS Racing melakukan kerja sama dengan Sherco Motorcycle. Wujud kerja sama antara kedua pabrikan itu sudah bisa dilihat di ajang Rally Dakar 2016 lalu dengan hasil yang cukup menggembirakan. TVS RTR 450 sendiri seperti yang bisa dilihat di foto merupakan produk rebranding dari Sherco 450 SEF-R, motor enduro yang sudah banyak malang-melintang di berbagai ajang balap. Coba deh tengok pada bagian cover body depan bagian atas persis sebelah tangki, di sana samar-samar terlihat tulisan Sherco berwarna kuning.

Sebagai motor enduro murni, TVS RTR 450 atau Sherco 450 SEF-R tentu saja memiliki performa yang menawan dengan mengandalkan mesin DOHC satu silinder berkapasitas 449,4 cc, 4-stroke, 4-valve, fuel injection, dan dicangkokkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Berbagai part yang dijejalkan pada TVS RTR 450 juga nggak main-main kok mas bro. Misalnya saja suspensi depan dan belakang buatan WP yang menjadi ciri khas produk-produk KTM dan Husqvarna, sedangkan sektor pengereman menggunakan produk buatan Brembo! Salah satu yang sangat menggiurkan dari motor ini adalah bobotnya yang cuma 109 kilogram, sangat ringan untuk motor sekelas 450 cc. Yups, bobot yang ringan merupakan faktor yang sangat krusial bagi motor enduro. Menariknya lagi, dengan katalis konverter yang dipasang di knalpot, TVS RTR 450 sudah lolos uji emisi dengan standar Euro 3. Artinya, motor ini bisa dipakai sebagai kendaraan yang legal di jalan raya.

Lalu, mungkinkah TVS RTR 450 masuk ke Indonesia? Kalau menurut fans page TVS Motor Indonesia sih ada rencana, tapi belum ada kepastian. Kalau mas bro udah ngebet motor ini, sebenarnya juga sudah masuk ke Indonesia kok dengan nama Sherco 450 SEF-R tadi melalui distributor PT Bali Dirtbike yang berpusat di Bali. Mungkin lebih banyak yang mengenal showroomnya dengan nama Husqvarna Motor Indonesia atau Husqvarna Bali. Showroom Husqvarna Motor Indonesia memang nggak cuma memajang motor Husqvarna saja mas bro, tapi juga ada KTM dan Sherco.

Nah, kalau TVS mau masuk ke segmen motor trail, sebaiknya nggak masuk ke zona premium dengan melakukan rebranding produk buatan Sherco. Nggak ada salahnya kalau develop sendiri atau bisa meminta bantuan Sherco, namun produk yang dipasarkan sebaiknya di kelas 150-250 cc saja. Nggak perlu main motor trail sampai kelas 450 cc yang harganya mencapai Rp 150 jutaan. Segmen motor trail dengan harga Rp 20-50 juta nggak kalah seksi kok! Yakin deh, konsumen Indonesia jauh lebih mempercayai kualitas produk buatan India dibandingkan dengan produk buatan China.

TVS-RTR-450-002

TVS-RTR-450-003

TVS-RTR-450-004

TVS-RTR-450-005

TVS-RTR-450-006

TVS-RTR-450-007

TVS-RTR-450-008


Advertisements