• Home »
  • Article »
  • Royal Enfield Himalayan Resmi Diluncurkan, Mesin 410 cc & Power 25 HP!

Royal Enfield Himalayan Resmi Diluncurkan, Mesin 410 cc & Power 25 HP!


Royal Enfield Himalayan 012

Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya Royal Enfield Himalayan secara resmi diluncurkan di tanah kelahirannya, India, pada hari ini mas bro. Memang nggak ada perbedaan yang signifikan antara produk yang diluncurkan hari ini dengan berbagai spy shot yang sudah banyak bermunculan ketika produk belum resmi dirilis. Bedanya produk yang dirilis sudah bersih dari kamuflase sehingga terlihat lebih manis dan menarik dengan dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih.

Kalau diperhatikan, nggak semua orang bakal suka dengan desain Royal Enfield Himalayan. Sebagai motor adventure, desain Royal Enfield Himalayan memang agak nyeleneh dengan memadukan unsur klasik alias retro. Tapi so far menurut saya desain motor ini lumayan cakep dan sepertinya juga sangat siap diajak blusukan ke berbagai medan berat. Ya bisa dibilang Royal Enfield nggak neko-neko dalam mengembangkan desain motor ini. Lha wong Royal Enfield Himalayan bukan motor yang akan dielus-elus atau disayang-sayang kok, melainkan motor yang siap diajak ancur-ancuran, siap jatuh bangun, hingga belepotan oleh lumpur. Asyiknya lagi, Royal Enfield Himalayan sepertinya juga cocok untuk menjelajah berbagai pelosok Indonesia karena tampilannya kurang dilirik sama begal. Hehehe…

Royal-Enfield-Himalayan-Photo-Studio-002

Seperti prediksi-prediksi yang sudah nongol sebelumnya, Royal Enfield Himalayan memang benar menggunakan mesin LS410, sebuah mesin generasi baru dari Royal Enfield yang baru terpasang pada Royal Enfield Himalayan. Mesin ini berkapasitas 411 cc SOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin udara yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 18,02 kW yang setara dengan 25 HP pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi maksimal 32 Nm di putaran mesin 4.000-4.500 rpm. Sistem pembakarannya pun masih mengandalkan karburator, belum injeksi. Memang tenaganya nggak cukup besar untuk ukuran mesin 400 cc, namun diprediksi jambakannya bakal nampol banget mas bro dengan torsi yang super besar dan sudah keluar di rpm rendah. Apalagi mesin motor ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan, benar-benar motor yang sangat torque untuk adventure. Oh ya, mesin ini juga sudah dilengkapi dengan balancer untuk mengurangi vibrasi.

Di sektor kaki-kaki, Royal Enfield Himalayan masih mengandalkan suspensi telescopic di bagian depan dan mono shock di bagian belakang. Uniknya, Royal Enfield Himalayan menjadi produk pertama dari Royal Enfield yang menggunakan mono shock. Sedangkan pada bagian ban, Royal Enfield memilih menggunakan ban dengan kombinasi diameter 18-21 inch, jadi memang karakternya mirip seperti motor dual sport berkubikasi rendah. Mungkin yang lumayan menjadi beban bagi rider ketika nunggang Royal Enfield Himalayan di track off road adalah karena bobotnya yang mencapai 182 kilogram. Tangki bahan bakarnya sih sangat memadai dengan kapasitas 15 liter. Satu hal lagi yang cukup menarik, Royal Enfield mengklaim penggantian oli mesin bisa dilakukan setiap 10.000 kilometer, sementara penggantian busi setiap 25.000 kilometer. Tentu saja interval yangs sangat panjang ini membuat biaya perawatan Royal Enfield Himalayan menjadi murah. Nggak sabar nunggu kehadirannya di Indonesia euuyyyy!!

Royal Enfield Himalayan 010


Advertisements