TVS Perkenalkan Konsep Akula 310 Berbasis BMW G 310 R


TVS-Akula-310-Concept-001

Brand India, TVS, akhirnya memperkenalkan sebuah konsep motor sport full fairing dengan kapasitas mesin 310 cc di Auto Expo 2016. Konsep itu diberi nama TVS Akula 310 yang menggunakan platform serupa dengan BMW G 310 R. Sepertinya TVS Akula 310 inilah yang disebut-sebut sebagai G 310 R versinya TVS mas bro. Kapan akan diproduksi masal?

Melihat desain TVS Akula 310 memang sangat radikal. Yups, desain motor ini nggak seperti produk-produk TVS yang sudah diluncurkan. Desainnya benar-benar agresif, racy, kekar, dan sangat ganteng. Apalagi di sektor kaki-kaki menggunakan ban super gambot dan dilengkapi dengan suspensi depan upside down. Bagian body motor pun dibuat dari bahan karbon yang sangat ringan, sasis aluminium yang juga ringan, terdapat steering damper, kamera giroskop, hingga single seater. Rasanya TVS Akula 310 sangat cocok buat digeber di sirkuit mas bro.

Bagaimana dengan mesin? Kemungkinan besar TVS Akula 310 akan menggunakan mesin yang sama dengan BMW G 310, berupa mesin satu silinder berkapasitas 310 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 34 HP dengan torsi sebesar 28 Nm. Sepertinya strategi yang diterapkan oleh TVS dan BMW Motorrad ini sama dengan yang sudah diterapkan oleh Bajaj dan KTM. Artinya, produk yang dilabeli dengan nama BMW bisa diproduksi dengan harga murah karena produksinya dilakukan oleh TVS sehingga BMW bisa mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar. Sementara itu, produk yang dilabeli dengan nama TVS difungsikan untuk mengejar volume penjualan yang lebih besar. Kabarnya, TVS Akula 310 akan diluncurkan pada akhir tahun ini dan mulai dipasarkan pada awal 2017.

TVS-Akula-310-Concept-002


Advertisements