Penjualan Moge Suzuki Seret, V-Strom 650 Nggak Laku Sama Sekali


Suzuki-Hayabusa-001

Suzuki Indonesia memang ikut-ikutan brand Jepang lain dengan memasarkan motor gede (moge) mas bro. Suzuki memang bukan pemain baru, malah sudah main moge lebih dahulu dibandingkan dengan Yamaha maupun Honda. Tapi penjualan moge Suzuki selalu saja ngenes. Nggak heran kalau brand yang satu ini kerap melakukan relaunching produk moge dengan berbagai strategi baru, meskipun pada akhirnya juga nggak bisa benar-benar sukses.

Sekarang ini setidaknya ada empat produk Suzuki yang masuk dalam kategori big bike, yaitu Suzuki Burgman 200, Suzuki GSR750, Suzuki V-Strom 650, dan Suzuki Hayabusha. Bagaimana performa penjualan keempat produk itu di Indonesia? Mana yang paling laris? Mana yang paling nggak laku? Dengan harga yang tergolong paling murah, Suzuki Burgman 200 menjadi produk big bike Suzuki Indonesia yang paling laris mas bro. Sepanjang tahun 2015 lalu Suzuki berhasil menjual 631 unit Suzuki Burgman 200, jumlah yang cukup fantastis karena rata-rata Suzuki bisa menjual sebayak 52-53 unit motor yang dibandrol dengan harga Rp 57,2 juta ini.

Sementara itu, tiga varian big bike lainnya nggak bisa menorehkan penjualan yang maksimal mas bro. Misalnya saja Suzuki GSR750 cuma laku 13 unit, Suzuki Hayabusha cuma 1 unit, dan bahkan Suzuki V-Strom 650 malah nggak laku sama sekali. Seretnya penjualan big bike dari Suzuki memang agak aneh. Padahal produk mereka nggak kalah dibandingkan dengan deretan produk Jepang lainnya seperti punya Kawasaki. Suzuki GSR750 paling nggak bisa melawan Kawasaki Z800 dan Honda CB650F, Suzuki Hayabusha bisa head-to-head dengan Kawasaki ZX-14R, sedangkan Suzuki V-Strom 650 bisa menjadi penantang serius bagi Kawasaki Versys 650. Paling ngenes ya Suzuki V-Strom 650 sih, karena nggak bisa jualan sama sekali di tengah gegap gempita motor adventure-tourer yang sedang mewabah di Indonesia maupun di berbagai penjuru dunia.

Suzuki-GSR750-001

Salah satu kendalanya mungkin karena pricing yang diterapkan oleh Suzuki lebih malah dibandingkan dengan produk kompetitor. Coba kita bandingkan deh, Suzuki Hayabusha sekarang dijual dengan harga Rp 399 juta vs Kawasaki ZX-14R Rp 336 juta, Suzuki GSR750 Rp 215,3 juta vs Kawasaki Z800 Rp 212 juta, dan Suzuki V-Strom 650 Rp 209,4 juta vs Kawasaki Versys 650 Rp 170 juta. Selisihnya sangat lumayan kan? Itu belum lagi kendala jaringan 3S big bike Suzuki yang kalah jauh dibandingkan dengan kompetitor.

Nah, rencananya Suzuki bakal memikirkan ulang strategi mereka di segmen big bike ini. Ntah seperti apa strateginya, patut untuk dinantikan mas bro. “Penjualan motor besar memang masih agak sulit. Jujur, saya sedang memikirkan strategi terbaru. Karena kan ini impor (harga mahal). Soalnya motor ini beda dengan motor kecil, jadi di showroom biasa tidak mungkin jualan moge,” kata Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor Seiji Itayama, dikutip dari detikOto.

Suzuki-V-Strom-650-003


Advertisements