Kawasaki ER-6n Koyote, Desain Keren Bergaya Scrambler

Kawasaki-ER-6n-Froggie

Nggak bisa dipungkiri, desainer-desainer asal Italia memang kerap menghasilkan sebuah karya yang luar biasa keren. Nggak terkecuali Oberdan Bezzi yang telah berhasil memberikan warna baru terhadap desain Kawasaki ER-6n, sebuah motor naked sport 650 cc dari Kawasaki. Menariknya, Bezzi membuat dua desain sekaligus, yaitu dengan gaya cafe racer yang dia beri nama Froggie dan gaya scrambler dengan nama Koyote.

Melihat desain Kawasaki ER-6 Froggie dan Kawasaki ER-6 Koyote memang sangat menarik. Dari desain Bezzi, Kawasaki ER-6n sudah berubah sangat drastis. Untuk tipe Froggie misalnya, perubahan terjadi di bagian tangki, jok, stang, instrumen di dashboard, headlamp, tail light, shroud, ban, velg, hingga knalpot. Bisa dibilang nyaris berubah total. Karakter kuat Kawasaki ER-6n pada Froggie hanya tersisa pada bagian sasis dan mesin. Hasilnya memang sangat ciamik mas bro. Mungkin ini bisa menjadi inspirasi modifikasi yang ingin mengubah Kawasaki ER-6n menjadi model cafe racer.

Bagaimana dengan model scrambler? Ternyata nggak kalah keren. Malah menurut saya jauh lebih keren. Memang ini subjektif ya, karena saya sendiri kurang suka dengan model cafe racer dan demen banget yang namanya motor scrambler. Khusus untuk Kawasaki ER-6 Koyote, di sini juga terjadi banyak perubahan. Mulai dari bagian tangki, jok, tail light, instrumen di dashboard, stang, hingga penerapan lampu depan model bulat. Sebagai motor scrambler, tentu saja sudah menjadi barang wajib mengaplikasikan velg model jari-jari dan ban dual purpose. Nah, di bagian mesin, sasis, dan knalpot oleh Bezzi dibiarkan standar tanpa diutak-atik. Kalaupun ada perubahan, mungkin terletak pada travel suspension agar motor menjadi lebih tinggi. Keren banget ya…

Meskipun baru sekedar renderan, hasil karya Bezzi ini mestinya bisa menjadi inspirasi juga bagi Kawasaki. Mungkin bisa saja Geng Ijo mulai berpikir untuk mengembangkan motor scrambler berbasis Kawasaki ER-6n. Motor yang satu ini memang memiliki konsep modular dan bisa dikembangkan dalam banyak tipe. Sekarang sudah ada tiga tipe motor yang dikembangkan dari Kawasaki ER-6, yaitu Kawasaki ER-6n sendiri yang bertipe naked sport, Kawasaki Ninja 650 (ER-6f) bertipe sport full fairing, dan Kawasaki Versys 650 dengan gaya adventure-tourer. Nggak ada salahnya dong kalau Kawasaki bikin juga motor scrambler… Toh scrambler sedang sangat digemari di berbagai penjuru dunia.

Kawasaki-ER-6n-Koyote


Advertisements