• Home »
  • Article »
  • Torrot Selamatkan Gas Gas… Kembali Masuk ke Segmen Enduro dan Trial!

Torrot Selamatkan Gas Gas… Kembali Masuk ke Segmen Enduro dan Trial!


Gas Gas, sessió a Espinelves de la EC Cami 250.

Tahun lalu Gas Gas Motos, brand motor off road asal Spanyol, dinyatakan bangkrut oleh Pengadilan Niaga Gerona karena tidak mampu membayar utang-utangnya yang terlampau besar. Gas Gas pun harus menutup seluruh kegiatan operasinya. Namun, kini sudah ada secercah harapan bagi Gas Gas karena perusahaan asal Spanyol lainnya, Torrot, menyelamatkan brand motor yang identik dengan warna merah itu dari likuidasi.

Torrot sendiri merupakan group perusahaan yang memproduksi sepeda dan motor listrik dari Spanyol. Dengan mengakuisisi Gas Gas, maka Torrot bakal mengembangkan usahanya ke segmen motor off road. Dikabarkan bahwa Torrot bakal melunasi utang-utang Gas Gas yang mencapai sekitar US$ 33,5 juta dan menghidupkan kembali pabrik Gas Gas yang berada di Gerona. Sama seperti dahulu, di bawah naungan Torrot, Gas Gas masih akan fokus dalam mengembangkan bisnis motor off road, terutama di segmen motor enduro dan trial.

Buat mas bro penggemar motor buatan Gas Gas, rasanya patut berbahagia karena motor enduro seperti Gas Gas EC 300 2T bakal dipasarkan kembali. Meskipun belum ada pengumuman resmi, baik dari Torrot maupun Gas Gas, namun hal itu terungkap dari foto-foto Gas Gas EC 300 2T yang dipublish oleh media Perancis, moto-station. Dari foto-foto itu terlihat bahwa Gas Gas EC 300 2T masih dengan mengandalkan suspensi depan upside down buatan Marzocchi yang juga baru saja selamat dari jurang kebangkrutan. Di bagian mono shock, Gas Gas EC 300 2T mempercayai produk buatan Reiger, dan kaliper rem buatan Nissin juga tersemat di sana. Salah satu yang menarik adalah Gas Gas sudah menyematkan electric starter pada motor 2-stroke andalannya ini sebagai fitur standar. Kalau dulu fitur electric starter hanya opsi saja.

Nah, dengan adanya pemilik baru, harapan tinggi tentu ada pada Torrot, agar manajemen yang diusung bisa mengelola Gas Gas dengan baik dan bisa membuat brand motor ini bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Belum diketahui secara pasti kapan pabrik Gas Gas di Gerona bakal beroperasi kembali, karena ketika Gas Gas menghentikan operasinya sekitar setahun lalu, 500 orang karyawan sudah dirumahkan. Bagaimana strategi Torrot dalam mengelola Gas Gas juga belum diumumkan secara resmi. Semoga saja Gas Gas benar-benar lekas kembali memeriahkan pasar motor off road dunia yang sekarang masih sangat didominasi oleh brand motor Eropa lainnya, KTM dan Husqvarna.

Gas Gas, sessió a Espinelves de la EC Cami 250.


Advertisements