Sudah Ada Titik Terang Tentang Empat Produk CBU Kawasaki Tahun Ini



Kawasaki-Z125-004

Kawasaki Z125

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pada tahun ini tidak akan cukup agresif dalam menggelontorkan produk baru. Memang mereka sudah menyiapkan beberapa produk, tapi nggak banyak mas bro. Kabarnya KMI hanya akan menggelontorkan empat produk baru yang semuanya CBU (complete built up) alias impor utuh. Sebelumnya memang masih agak burem mengenai produk-produk apa saja yang bakal diluncurkan oleh KMI, namun sekarang sudah mulai ada titik terang kok. Apa saja mereka?

Menurut Otomotifnet, salah satu produk yang paling siap diluncurkan oleh KMI adalah motor mungil Z125. Ini dikatakan ini sudah positif 100 persen. Belum diketahui secara pasti apakah Z125 bakal menggantikan KSR110 atau malah kedua produk dijual secara berdampingan. Untuk tiga produk lainnya sih masih tebak-tebakan, walaupun mungkin keakuratannya sudah bisa mencapai 80-90 persen sih mas bro karena nggak banyak produk global baru yang diluncurkan oleh Kawasaki dengan model tahun 2016.

Kawasaki_W800_030

Kawasaki W800

Selain Z125, produk lain yang sangat mungkin diboyong oleh KMI ke Indonesia adalah motor retro W800. Secara desain W800 ini cenderung mirip dengan Estrella 250 yang sudah dipasarkan di Indonesia. Tentu saja yang membuat istimewa adalah desainnya yang nggak usang termakan jaman dan mesin lebih powerful dibandingkan dengan Estrella lantaran mengusung mesin 773 cc twin-parallel, SOHC, 8-valve, dengan pendingin udara yang dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Memang W800 bisa menjadi pendamping yang sangat pas bagi Estrella yang selama ini sendirian di lineup motor retro KMI. Penasaran juga nih kira-kira berapa bandrol yang dipasang oleh KMI jika W800 diboyong ke Indonesia…

Kawasaki-Ninja-ZX-10R-MY-2016-001

Kawasaki Ninja ZX-10R Model Year 2016

Berikutnya adalah Ninja ZX-10R Model Year 2016. Baik W800 dan ZX-10R sudah pernah saya singgung di dalam postingan lainnya, menjadi produk yang bakal diboyong oleh KMI ke Indonesia. Bukan apa-apa mas bro. ZX-10R MY 2016 diperkenalkan oleh Kawasaki di Spanyol pada Oktober 2015. Dari segi fisik memang nggak banyak perubahan. Tapi ternyata hampir semua area tunggangan Tom Sykes dan Jonathan Rea di WSBK ini mendapatkan ubahan agar performanya lebih bengis, meliputi sasis, kelistrikan, knalpot, suspensi, rem sampai sisi aerodinamika.

Kawasaki-Ninja-H2-017

Kawasaki Ninja H2

Terakhir, mungkin ini yang nggak saya duga sebelumnya, yaitu Ninja H2!!! Belum lama ini Kawasaki Global mengumumkan update terhadap motor paling bengis yang dimilikinya, Ninja H2. Update itu meliputi sistem transmisi yang dilengkapi dengan slipper-assist clutch, update pada ECU, dan pilihan warna baru. Apalagi jatah 20 unit Ninja H2 untuk KMI di tahun 2015 sudah ludes terjual, sehingga KMI kemungkinan besar akan order lagi Ninja H2 dari Jepang. Masih ada lagi? Kayaknya udah nggak ada mas bro. Kalau ada yang berharap All New Ninja 250 keluar pada tahun ini sepertinya harus menelan kekecewaan. Mungkin baru akan nongol tahun 2017. Begitu juga dengan Versys 250… Belum ada indikasi nongol dalam waktu dekat.


Advertisements