TVS Akula 310 Versi Mass-Pro Diperkenalkan Kuartal Keempat 2016


TVS-Akula-310-Concept-001

Mas bro, kiprah brand asal India, TVS, pada tahun 2016 ini sepertinya nggak main-main. TVS malah sudah bersiap meluncurkan berbagai produk unggulan, yang dari segi kualitas dan performa bisa menandingi produk-produk buatan brand Jepang. Di awal tahun 2016, TVS sudah meluncurkan Apache RTR 200 4V. Menjelang akhir tahun nanti, motor sport full fairing TVS Akula 310 juga siap diperkenalkan kepada publik mas bro.

TVS Akula 310 versi konsep memang sudah diperkenalkan ketika Auto Expo 2016 lalu di New Delhi. Motor konsep inipun mendapatkan sambutan yang positif dari publik India, bahkan dunia internasional. Coba lihat saja desainnya, benar-benar keluar dari pakem, sangat sporty, dan begitu ganteng. Bisa dibilang TVS sangat all out terhadap desain Akula 310. Nah, Akula 310 versi produksi massal rencananya baru akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun ini, kemungkinan di bulan Oktober, padahal berdasarkan rencana awal peluncurannya akan dilakukan pada tahun 2017. Biasanya sebuah pabrikan memberikan jeda yang cukup lama dalam memperkenalkan versi konsep dan versi produksi masal. Tapi TVS sepertinya nggak mau kehilangan momentum mas bro, lha wong Akula 310 mendapatkan respon yang sangat baik.

Dengan jeda waktu antara sekarang hingga Oktober 2016 yang sudah sangat singkat, kemungkinan besar tim R&D TVS harus bekerja keras untuk mewujudkan Akula 310 versi produksi massal. Dari segi mesin kemungkinan sih nggak akan banyak perubahan. Akula 310 bakal mengadopsi mesin BMW G 310 R, sebuah motor yang dikembangkan langsung oleh BMW Motorrad namun produksinya dilakukan oleh TVS. Bisa dikatakan TVS Akula 310 merupakan BMW G 310 R yang menggunakan fairing dan dilabeli dengan merek TVS, bukan lagi BMW.

Dari segi performa, mesin Akula 310 yang sama dengan BMW G 310 R tergolong bagus. Mesin 313 cc dengan pendingin radiator itu mampu mengeluarkan tenaga 34 HP dan torsi 28 Nm. Sayangnya BMW/TVS masih mengandalkan mesin satu silinder. Bukan berarti mesin satu silinder lebih inferior daripada mesin dua silinder seperti para kompetitor asal Jepang, tapi memang mesin dua silinder lebih unggul di sektor suara. Lebih merdu gitu dengernya… Sedangkan suara mesin satu silinder walaupun kapasitasnya besar nggak akan jauh beda sama mesin motor-motor kecil sekelas 150-200 cc. Bisa dibilang hampir pasti Akula 310 juga masuk ke Indonesia lho mas bro. Tunggu saja deh, apalagi kabarnya motor ini bakal dibandrol dengan harga menarik!

TVS-Akula-310-Concept-002


Advertisements