Wow… Husqvarna 701 Supermoto Sudah Masuk ke Indonesia?


Husqvarna-701-Supermoto-007

Sepertinya ini menjadi kabar yang sangat bagus bagi penggemar supermoto mas bro… Kenapa? Motor bertipe supermoto paling powerful dari Husqvarna, yaitu Husqvarna 701 Supermoto, kayaknya sudah hadir di Indonesia nih mas bro. Itu bisa dilihat dari website Husqvarna Motor Indonesia yang sudah memajang Husqvarna 701 Supermoto, mendampingi Husqvarna FS 450 yang sudah dipasarkan lebih dahulu di Indonesia. Ya, ini menjadi angin segar buat mas bro sekalian yang ingin upgrade mesin yang jauh lebih powerful!!!

Mas bro tentu sudah tahu dong… Husqvarna 701 Supermoto merupakan produk yang sangat baru dari Husqvarna Motorcycle, pabrikan motor asal Swedia yang kini sudah berada di bawah naungan KTM. Husqvarna 701 Supermoto sudah diperkenalkan pada kuartal keempat tahun lalu bersama dengan kompatriotnya, Husqvarna 701 Enduro, yang mengusung tipe dual sport. Bisa dikatakan antara Husqvarna 701 Supermoto dan Husqvarna 701 Enduro itu motor yang kembar. Bedanya secara umum hanya terletak pada bagian ban saja, dimana yang satu menggunakan ban model street, sedangkan yang satunya lagi menggunakan ban dual purpose. Menariknya, kedua motor itu legal digunakan di jalan raya mas bro, karena memiliki berbagai kelengkapan sebagai kendaraan jalan raya dan keduanya pun bakal dilengkapi surat-surat dalam pembelian alias dijual on the road.

Husqvarna-701-Enduro-014

Husqvarna 701 Enduro

Soal performa, kita nggak boleh menganggap enteng. Motor ini dibekali dengan mesin SOHC 690 cc satu silinder berpendingin cairan yang sebenarnya sama persis dengan punya KTM Duke 690, KTM 690 Enduro R, dan KTM 690 SMC R!! Kok bisa pakai mesin KTM? Tentu saja biar biaya produksinya murah, nggak perlu riset dari nol, dan tinggal tuning ulang saja menyesuaikan karakter dari Husqvarna. Toh, Husqvarna itu sudah sepenuhnya dimiliki oleh KTM… Jadi sudah bisa diprediksi Husqvarna 701 series pun begitu bengis mas bro… Mampu mengeluarkan tenaga hingga 67 HP/7.000 rpm dan torsi 67 Nm/6.500 rpm..!!! Nggak kebayang deh gimana ledakan tenaga dan torsi mesin big single ini. Apalagi bobot motor secara keseluruhan relatif enteng, cuma 145 kg!!! Belum lagi fitur canggih sudah ada pada motor ini. Apa tuh? Throttle-by-wire… Yups… Throttle alias gas Husqvarna 701 series nggak pakai kabel lagi, melainkan digerakkan secara eletronik mas bro… Jadi antara throttle body dan grip throttle sudah nggak ada hubungan mekanis…

Sayangnya, berbeda dengan Husqvarna 701 Supermoto yang sudah masuk di website Huqvarna Motor Indonesia, Husqvarna 701 Enduro ternyata belum ada di sana… Belum tergali secara pasti apakah Husqvarna Motor Indonesia bakal memasukkan keduanya atau hanya Husqvarna 701 Supermoto saja. Memang bakal lebih menarik kalau keduanya hadir di Indonesia ya, karena konsumen bisa menentukan pilihan antara model supermoto atau dual sport. Betul… Kedua produk memiliki desain, mesin, dan fitur yang sama persis… Tapi fungsinya beda total mas bro… Husqvarna 701 Supermoto merupakan monster ganas yang siap melibas track on road saja, sementara Husqvarna 701 Enduro bisa melibas dua alam, baik on road maupun off road!!!

Last, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari pihak Husqvarna Motor Indonesia, namun Husqvarna 701 Supermoto sudah tampil di website mereka. Ini mengindikasikan kalau Husqvarna Motor Indonesia sudah atau bakal memasukkan motor itu ke Indonesia. Tahun lalu saya mendapatkan konfirmasi dari Husqvarna Motor Indonesia bahwa mereka positif memasukkan Husqvarna 701, walaupun waktu itu belum bisa mengatakan dengan detail mengenai waktunya. Soal harga atau ketersediaan produk itu, nanti saya coba konfirmasi lagi ke Husqvarna Motor Indonesia deh..!! Semoga saja memang sudah masuk mas bro… Sekarang tinggal nunggu kabar saja, apakah Husqvarna 701 Enduro juga melenggang ke pasar Indonesia atau nggak…

Husqvarna-701-Supermoto-008

Husqvarna 701 Supermoto


Advertisements