Belum Ada Keputusan Masuknya Husqvarna 701 Supermoto ke Indonesia

Husqvarna-701-Supermoto-006

Mas bro, website Husqvarna Motor Indonesia sudah memajang produk terbaru Husqvarna 701 Supermoto. Memang ini bisa menjadi indikasi Husqvarna Motor Indonesia bakal memasukkan kembaran Husqvarna 701 Enduro ini ke Indonesia atau tidak. Awalnya saya memang menduga motor itu sudah masuk ke Indonesia sejak ditampilkan pada website resmi Husqvarna Motor Indonesia. Namun ketika melakukan konfirmasi langsung ke pihak Husqvarna Motor Indonesia, saya mendapatkan jawaban yang berbeda. Seperti apa?

Ketika menanyakan tentang Husqvarna 701 Supermoto kepada Pak Made Adhi Wiryananta selaku Digital Marketing Husqvarna Motor Indonesia, beliau mengaku Husqvarna Motor Indonesia masih belum bisa memastikan apakah Husqvarna 701 Supermoto bakal masuk ke Indonesia atau tidak. Kemungkinan distributor resmi Husqvarna yang memiliki kantor pusat di Bali ini masih melakukan berbagai perhitungan dan pertimbangan sebelum membuat keputusan. “Kami tidak bisa menjanjikan apakah motor tersebut (Husqvarna 701 Supermoto) akan didatangkan ke Indonesia atau tidak. Itu keputusan dari direktur utama kami,” kata Pak Made Adhi.

Sejak diakuisisi oleh KTM dari BMW, Husqvarna fokus dalam mengembangkan produk dirt bike, berupa motocross dan enduro. Itupun Husqvarna nggak perlu repot-repot mengembangkan sendiri karena produk motocross dan enduro yang dibuat oleh Husqvarna sekarang tidak lebih dari produk motocross dan enduro dari KTM yang diberi warna khas Husqvarna. Itu adalah strategi KTM agar Husqvarna keluar dari jerat kerugian, menjadi perusahaan yang efisien, serta menguntungkan. Ketika perusahaan sudah mulai membaik, Husqvarna menambah portfolio produk, di antaranya dengan membuat Husqvarna 701 Enduro yang masuk ke dalam kategori dual sport dan Husqvarna 701 Supermoto yang masuk ke dalam tipe motor supermoto. Lagi-lagi Husqvarna nggak perlu mengeluarkan effort lebih untuk mengembangkan motor ini karena mesinnya sama dengan yang digunakan pada KTM Duke 690, KTM 690 Enduro R, dan KTM 690 SMC R…!! Artinya, Husqvarna hanya perlu melakukan tuning ulang terhadap mesin itu, menyesuaikan dengan yang diinginkan oleh Husqvarna.

Kembali ke Husqvarna Motor Indonesia, untuk memasarkan Husqvarna 701 Supermoto dan Husqvarna 701 Enduro tentu butuh perhitungan yang cermat. Sejak Husqvarna diakuisisi oleh KTM, Husqvarna Motor Indonesia secara nggak langsung hanya memasarkan tipe motocross dan enduro. Di kelas dirt bike, harga produk yang dijual oleh Husqvarna Motor Indonesia memang tergolong premium, mulai dari Rp 85 jutaan sampai dengan Rp 155 jutaan. Kalau Husqvarna 701 series masuk ke Indonesia, harganya pasti nggak akan bisa murah karena sudah terkena PPN BM sebesar 125 persen. Sebagai perbandingan, KTM 690 Enduro R dan KTM 690 SMC R saja dibandrol dengan harga sekitar Rp 350 jutaan… Terus Husqvarna 701 series mau dijual berapa ya? Apalagi produk dengan label Husqvarna itu diposisikan di atas KTM. Tentu saja gap harganya akan sangat besar kalau dibandingkan dengan produk dirt bike yang sudah ada… Investasinya jauh lebih besar dengan market yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan segmen dirt bike yang sudah mapan… So, ternyata Husqvarna 701 series belum pasti masuk ke Indonesia mas brooo…

Husqvarna-701-Supermoto-007


Advertisements