Kawasaki Tak Gentar Meskipun Honda Ingin Masuk ke Segmen Trail


New-Kawasaki-KLX150-031

Mas bro… Belum lama ini terdengar selentingan kabar yang mengatakan kalau Astra Honda Motor (AHM) ingin ikut terjun di segmen motor trail 150 cc. Dari selentingan kabar itu juga menyebut nama calon motor trail dari Honda adalah CRL150… Namun ada pula yang menyebut motor baru itu sebagai CRF150L… Menariknya, dikabarkan kalau sosok calon motor trail Honda bakal menggunakan mesin yang dengan punya Honda Verza 150… Hal itu memang cukup logis karena mesin Verza sudah cukup sederhana, biaya produksi murah, tapi memiliki tenaga dan torsi yang cukup nampol. Bagi konsumen juga bakal menguntungkan karena mesin Verza memiliki biaya perawatan murah dengan suku cadang melimpah!!

Jika benar Honda meluncurkan motor trail 150 cc, tentu saja Honda bakal menantang langsung Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang sudah lama bermain di segmen motor trail melalui KLX150 series. Apalagi KLX150 series sekarang sedang menjadi tulang punggung penjualan Kawasaki sejak produksi Ninja 150 2-stroke dihentikan karena tidak bisa mengikuti regulasi mengenai uji emisi Euro 3. Meskipun mendapatkan ancaman, Kawasaki mengaku nggak khawatir tuh mas bro… Malah Kawasaki melihat langkah Honda bukanlah suatu hal yang perlu diwaspadai… Kok bisa?

Jadi gini mas bro… Kawasaki menilai kalau mereka sebagai first mover yang masuk ke segmen motor trail 150 cc sejak lama, sehingga basis konsumen loyal mereka sudah sangat banyak. Brand image Kawasaki di segmen ini juga sudah dikenal dengan sangat baik, membuat Geng Ijo nggak perlu mengkhawatirkan Honda. Mungkin Kawasaki berkaca pada case Ninja 250 sebagai first mover yang hingga kini nggak bisa dijungkalkan oleh Honda CBR250R atau Yamaha YZF-R25… “Kita tidak masalah kalau Honda mau mengeluarkan motor trail atau apa… Kita kan pioneer, bukan follower… Kita tidak perlu takut… Karena biasanya di Indonesia, pioneer itu image-nya lebih kuat,” kata Deputy Head Sales Promotion Department Kawasaki Motor Indonesia Kawasaki Motor Indonesia Michael Chandra Tanadhi.

Menurut Michael, pasar motor trail terus mengalami peningkatan… Oleh karena itu, bukan menjadi hal yang aneh kalau pabrikan lain juga ingin mencicipi gurihnya segmen ini. Kesimpulannya… Kawasaki nggak gentar sama sekali menghadapi persaingan dari Honda maupun Yamaha mas bro… Wah pede banget nih Kawasaki… “Penjualan KLX kita kan terus naik, jadi tidak ada masalah meskipun ada pesaing. Saya kasih contoh, seperti motor 250 cc dua silinder kita (Ninja 250 dan Z250), meskipun banyak pemain saat ini, penjualan kita tetap bagus. Tidak masalah,” ungkap dia.

New-Kawasaki-KLX150-025


Advertisements