• Home »
  • Article »
  • Husqvarna 401 Vitpilen dan 401 Svartpilen Bakal Diproduksi di India

Husqvarna 401 Vitpilen dan 401 Svartpilen Bakal Diproduksi di India


Husqvarna-Svartpilen-and-Vitpilen-401-001

Sejak diakuisisi oleh KTM dari BMW, Husqvarna menjadi brand yang hanya fokus dalam menggarap segmen motor off road, khususnya motocross dan enduro. Di tangan KTM, seluruh produk Husqvarna terdahulu disuntik mati. Sebagai gantinya, produk motocross dan enduro dari Husqvarna tidak lebih dari produk KTM yang dilengkapi dengan body kit dan warna khas Husqvarna. Artinya, baik dari sasis, suspensi, hingga mesin motor off road Husqvarna sama dengan KTM. Strategi ini ternyata cukup sukses.. Husqvarna bisa menjadi perusahaan yang efisien dan mendulang rekor penjualan tertinggi yang sebelumnya tidak pernah tercapai.

Perlahan Husqvarna merambah ke segmen lain. Belum lama ini Husqvarna secara resmi meluncurkan Husqvarna 701 Enduro yang masuk ke dalam kategori motor dual sport dan Husqvarna 701 Supermoto yang sudah jelas terjun di segmen motard/supermoto. Lagi-lagi Husqvarna nggak perlu pusing dengan pengembangan mesin. Husqvarna 701 Enduro dan Husqvarna 701 Supermoto menggunakan mesin sama dengan KTM Duke 690, KTM 690 Enduro R, dan KTM 690 SMC R… Brand asal Swedia itu hanya perlu melakukan tuning ulang agar mesin KTM 690 sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh Husqvarna.

Apakah cukup sampai di situ? Ternyata belum mas bro… Husqvarna akan menambah lineup street bike pada tahun 2017 mendatang. Setidaknya dua model yang sudah disiapkan, yaitu Husqvarna Vitpilen (cafe racer) dan Husqvarna Svartpilen (scrambler). Motor retro seperti cafe racer dan scrambler memang sedang menjadi idola bagi para rider di seluruh penjuru dunia. Desain motor cafe racer dan scrambler yang ciamik dan tidak membosankan tentu bisa membius siapa saja yang melihatnya. Hal ini dilihat oleh Husqvarna sebagai peluang, selain untuk merayakan sejarah 112 tahun produk off road dan street bike dari brand motor ini.

Husqvarna-Vitpilen-401-001

Rencananya, Husqvarna Vitpilen akan terbagi menjadi tiga varian mesin, yaitu Husqvarna 125 Vitpilen, Husqvarna 401 Vitpilen, dan Husqvarna 701 Vitpilen. Begitu juga dengan Svartpilen, akan ada Husqvarna 125 Svartpilen, Husqvarna 401 Svartpilen, dan Husqvarna 701 Svartpilen. Lagi-lagi Husqvarna nggak perlu pusing dalam pengembangan mesin. Mereka tinggal mencomot mesin KTM Duke/RC 125, KTM Duke/RC 390, dan KTM Duke 690 yang akan digunakan pada Vitpilen dan Svartpilen. Ini menjadi salah satu strategi cerdik KTM-Husqvarna, yang mampu memanfaatkan satu tipe mesin untuk berbagai varian motor… Dengan begini, biaya produksi bakal murah dan penyediaan suku cadang bisa dilakukan dengan mudah…

Masuk ke inti pembahasan… Rencananya Husqvarna Vitpilen dan Svartpilen bakal diproduksi di India mas bro… Tapi itu hanya untuk yang tipe Husqvarna 401 Vitpilen dan Husqvarna 401 Svartpilen, sedangkan versi 125 dan 701 tetap diproduksi di Eropa. Alasannya sih sudah jelas banget, biar biaya produksi lebih murah lagi… Apalagi versi 401 ditargetkan untuk masuk ke pasar negara-negara berkembang seperti India dan sejumlah pasar di Asia. Produksinya sendiri akan dilakukan di plant Bajaj yang ada di Chakan. Kok Bajaj? Ya jangan meremehkan brand India… Bajaj kalau nggak salah memegang saham KTM hingga 48-49 persen (mohon koreksi kalau salah), sedangkan Husqvarna 100 persen dimiliki KTM. Jadi secara nggak langsung Bajaj juga punya andil terhadap Husqvarna. Oh ya, plant Bajaj yang berada di Chakan tersebut selama ini juga sudah memproduksi beberapa produk KTM seperti KTM Duke 200, KTM Duke 390, KTM RC 200, dan KTM RC 390…

Husqvarna-Svartpilen-401-004


Advertisements