KTM-Husqvarna akan Hentikan Produksi Motor Enduro 125 cc 2-Stroke


KTM-125-EXC-Six-Days-002

Sepertinya kita harus mengucapkan “say good bye” kepada produk motor enduro 125 cc 2-stroke dari dua brand ternama, KTM dan Husqvarna. Pasalnya, dua brand tersebut bakal menghentikan produksi motor enduro 125 cc 2-stroke, setidaknya mulai tahun 2017 mendatang mas bro. Seperti dilansir autoevolution, dua brand bersaudara itu selanjutnya bakal melakukan investasi dalam pengembangan mesin baru yang memiliki emisi gas buang lebih rendah dan bersahabat terhadap lingkungan.

Mungkin sebagian dari mas bro juga sudah pada tahu, di Eropa mulai bergulir standar uji emisi Euro 4 untuk kendaraan bermotor. Hal itu paling tidak sedikit membuat industri sepeda motor di Eropa bergejolak dan pabrikan di sana mulai berbondong-bondong membuat produk yang sesuai dengan regulasi tersebut. Bagi KTM-Husqvarna, mereka dilaporkan tidak lagi memproduksi dan memasarkan motor enduro 125 cc 2-stroke mulai tahun 2017 karena produk itu nggak memenuhi standar uji emisi Euro 4. Untuk membuat produk enduro 125 cc 2-stroke yang lolos uji emisi Euro 4 pun bukan perkara mudah, sehingga langkah terbaik adalah dengan membunuhnya!

Saat ini memang masih sulit menebak bagaimana masa depan motor 125 cc 2-stroke. Umumnya motor dengan kubikasi kecil seperti ini merupakan lineup yang paling laris, termasuk untuk penjualan di Eropa. Motor dengan kapasitas mesin yang rendah juga menjadi sarana bagi rider pemula untuk belajar bermain off road sebelum mereka punya skill yang bagus untuk naik kelas ke produk dengan kapasitas mesin lebih besar. Akan tetapi, di Eropa, prosedur perizinan motor kecil seperti ini lebih strict, membuat KTM-Husqvarna berpikir ulang dalam melanjutkan bisnisnya di segmen ini.

Untuk sementara waktu, memang belum ada tanda-tanda KTM-Husqvarna bakal mengembangkan mesin 125 cc 2-stroke yang comply dengan standar Euro 4 agar tetap bisa menguasai pasar di segmen paling rendah ini di Eropa. Sekarang sih KTM punya dua tipe motor enduro 125 cc 2-stroke, yaitu KTM 125 EXC dan KTM 125 EXC Six Days, sedangkan Husqvarna Motorcycle memiliki Husqvarna TE 125. Nah… Sebelum produksi motor itu dihentikan, nggak ada salahnya kalau mas bro hunting produk-produk enduro paling murah dari KTM dan Husqvarna itu… Kalau di Indonesia sih harganya masih nangkring di angka Rp 115 jutaan mas bro… Memang lumayan nampol harganya. Maklum saja, walaupun mesinnya kecil tapi performanya yahud bangettt… Plus bobotnya super ringan… Nggak salah kalau KTM 125 EXC dan Husqvarna TE 125 cukup banyak populasinya di Indonesia.

Husqvarna-TE-125-001


Advertisements