AHM: Honda CB250X Lebih Berpeluang Dibuat Daripada Honda CB150X


Launching-Honda-Big-Bike-002

Melihat penjualan Honda CB500X yang cukup laris-manis di pasaran Indonesia, mungkin nggak sedikit dari kita yang berpikir dan bertanya, mungkinkah Astra Honda Motor (AHM) memproduksi dan menjual varian yang lebih kecil, Honda CB150X dan Honda CB250X misalnya? Pertanyaan dari mas bro sekalian itu akhirnya mendapatkan jawaban dari petinggi AHM mas bro… Seperti apa jawabannya?

Mr. Koji Sugita, Marketing Director AHM, ketika diwawancarai oleh Om Taufik TMCblog mengatakan dengan gamblang mengenai Honda CB150X dan Honda CB250X. Menurut penuturan Mr. Koji Sugita, AHM belum melihat kemungkinan untuk memproduksi Honda CB150X. Tapi… Beda lagi dengan Honda CB250X mas bro… Kojita menuturkan, Honda CB250X bakal lebih menarik dibuat ketimbang Honda CB150X. Alasannya sih simple… Kalau bikin Honda CB150X, susah memberikan diferensiasi dengan varian naked sport Honda CB150R. “Saya belum memperoleh info apapun mengenai itu. Namun, khususnya untuk kelas 250 cc mungkin lebih menarik. Karena  untuk kelas 150 cc, secara desain dan hal lainnya sulit membedakan dengan versi naked bike (Honda CB150R). Mungkin untuk kelas 250 cc ia akan memiliki diferensiasi lebih jelas dari segi konsep,” ujarnya.

Jika memahami pernyataan dari Kojita, sepertinya AHM belum ada ketertarikan memproduksi Honda CB150X mas bro. Mungkin karena ukurannya yang cukup mungil, membuatnya Honda CB150X nanti nggak berbeda signifikan dibandingkan dengan Honda CB150R. Beda cerita dengan versi 250 cc, tentu saja ukurannya yang lebih gambot membuat AHM lebih mudah dalam memberikan diferensiasi dengan versi naked. Yups… Rasanya mesin 250 cc merupakan mesin terkecil yang paling cocok digunakan untuk model motor adventure-tourer!!

Terus, basis mesin apa yang dipakai jika AHM ingin membuat Honda CB250X? Di pasar global Honda sudah memiliki naked sport berupa Honda CB250F yang menggunakan mesin satu silinder. Mesin itu sama persis dengan yang dipasang pada Honda CBR250R. Tapi rasanya AHM nggak menggunakan basis Honda CB250F kalau mau merealisasikan Honda CB250X. Pasalnya, AHM dan Honda sekarang sedang mengembangkan Honda CBR250RR, motor sport 250 cc dengan mesin twin-parallel. Memang bakal lebih cocok kalau CB250X menggunakan mesin dua silinder yang sama persis seperti Honda CBR250RR nanti mas bro! Toh konsumen Indonesia itu lebih demen dengan jumlah silinder lebih banyak… Dan seandainya Honda CB250X pakai mesin dua silinder, gap-nya dengan si kakak, Honda CB500X, nggak terlalu banyak. Satu hal yang pasti, kalaupun Honda CB250X itu digarap, nggak akan terjadi dalam waktu dekat. Mungkin bisa satu, dua, atau tiga tahun lagi… So, masih berharap ada Honda CB150X? Kayaknya mesti dipendem dulu mas bro mimpinya… Peluang Honda CB250X justru lebih besar!!

Launching-Honda-Big-Bike-004


Advertisements