• Home »
  • Article »
  • Ini Alasan KTM-Husqvarna Hentikan Produksi Motor Enduro 125 cc 2-Stroke…

Ini Alasan KTM-Husqvarna Hentikan Produksi Motor Enduro 125 cc 2-Stroke…



Husqvarna-TE-125-004

Mas bro… Produsen motor asal Eropa, KTM dan Husqvarna, berencana menghentikan produksi motor enduro 2-stroke dengan kapasitas 125 cc pada tahun 2017 mendatang. Motor enduro 2-stroke yang berkapasitas lebih besar, seperti 200 cc, 250 cc, atau 300 cc justru aman, dan malah bakal diproduksi terus. Terus kenapa kok malah varian enduro 2-stroke paling kecil yang bakal dihentikan produksinya? Kira-kira apa alasannya ya?

Alasan utamanya tentu saja masalah regulasi uji emisi Euro 4 yang diterapkan di Eropa mas bro… Memang betul motor enduro itu kebanyakan hanya digunakan untuk off road yang nggak perlu comply dengan uji emisi suara maupun uji emisi gas buang yang harus sesuai dengan regulasi. Tapi… Motor enduro 125 cc 2-stroke yang digelontorkan oleh KTM dan Husqvarna itu dihomologasi agar bisa digunakan di jalan raya. Mayoritas motor enduro 125 cc 2-stroke yang sudah dihomologasi dan bisa digunakan di jalan raya dijual di berbagai penjuru Eropa, termasuk di antaranya Perancis, Italia, dan Spanyol.

Nah… Produk-produk enduro 125 cc 2-stroke dari KTM dan Husqvarna itu sudah lolos uji emisi Euro 3… Ketika regulasi Euro 4 diterapkan, jelas KTM dan Husqvarna perlu berpikir keras… Apalagi motor 125 cc sudah umum digunakan oleh para rider muda di Eropa sebelum melangkah ke jenjang mesin yang lebih besar. Lebih parahnya lagi, pasar yang sekarang menjadi sumber penjualan utama motor 125 cc 2-stroke itu sebenarnya nggak terlalu besar. Bisa saja KTM dan Husqvarna memproduksi motor 125 cc 2-stroke yang comply dengan regulasi Euro 4. Tapi sayangnya biaya yang dikeluarkan nggak sebanding dengan volume penjualan.

Jika memang KTM dan Husqvarna nggak mau mengembangkan motor 125 cc 2-stroke yang sudah comply dengan regulasi Euro 4, alternatifnya bisa tetap memproduksi motor enduro 125 cc 2-stroke tapi nggak dihomologasikan sebagai kendaraan jalan raya. Itu berarti motor hanya digunakan di medan off road, tanpa dilengkapi dengan dudukan plat nomor, sama seperti motor-motor enduro 2-stroke dengan kubikasi mesin 200 cc, 250 cc dan 300 cc… Tentu saja volume penjualannya bakal lebih kecil lagi dibandingkan dengan sekarang yang bisa menjadi kendaraan legal di jalan raya… Sebab, konsumen yang sebelumnya menginginkan KTM 125 EXC atau Husqvarna TE 125 sebagai kendaraan jalan raya nggak bisa menjadikannya sebagai pilihan lagi karena hanya bisa digunakan sebagai motor off road. Yang jelas regulasi Euro 4 sudah memakan korban dan membuat para pabrikan mumet!!

KTM-125-EXC-Six-Days-001


Advertisements