TVS Akula 310 dengan Body Carbon Fiber Bakal Diproduksi Massal


TVS-Akula-310-Concept-004

Bulan lalu brand motor asal India, TVS Motor Company, memamerkan sebuah konsep motor sport dengan desain yang sangat radikal dan sporty. Motor itu diberi nama TVS Akula 310, sebuah motor yang menggunakan platform sama dengan BMW G 310 R alias naked sport paling kecil yang dikembangkan oleh BMW Motorrad. So, paling tidak mesin TVS Akula 310 bakal sama persis dengan BMW G 310 R, meskipun kemungkinan bakal ada perbedaan settingan mesin karena kedua motor memiliki tipe dan karakter yang berbeda.

Salah satu hal yang menarik pada TVS Akula 310 adalah pada desain yang meruncing. Nggak heran sih karena TVS sendiri mendapatkan insipirasi desain Akula dari ikan hiu. Yups… Akula diambil dari Bahasa Rusia yang artinya hiu mas bro… Hal lain yang tak kalah menarik pada TVS Akula 310 ada di bagian sekujur body yang terbuat dari bahan dasar carbon fiber. Biasanya carbon fiber digunakan pada motor-motor sport high-end dengan harga mahal maupun motor-motor yang benar-benar untuk balap. Tapi TVS berencana memasangnya di motor sport berkapasitas 313 cc satu silinder nih!

Nah, kemungkinan nanti TVS Akula 310 bakal tersedia dalam dua versi… Pertama adalah versi standar, sedangkan versi kedua menggunakan body berbahan dasar serat karbon. Keunggulannya jelas bahan dasar serat karbon lebih ringan dan bisa memangkas bobot motor secara signifikan. Otomatis power to weight ratio motor bakal meningkat dibandingkan dengan body berbahan plastik biasa. Rushlane sudah mengabarkan kalau TVS Akula 310 dengan body berbahan serat karbon bakal diluncurkan pada akhir tahun ini mas bro… Nggak sekedar konsep saja ternyata… Mantap!!!

Mungkin bisa dikatakan juga TVS Akula 310 merupakan versi full fairing dari BMW G 310 R. Keduanya sama-sama menggendong mesin 313 cc satu silinder, DOHC, dan berpendingin cairan yang dilengkapi dengan transmisi manual 6-percepatan. Mesin ini sanggup mengeluarkan power maksimal 34 HP dan torsi maksimal 28 Nm. Mesin tersebut diklaim irit juga lho mas bro, karena untuk 1 liter bahan bakar bisa digunakan sampai jarak 33 kilometer. Memang patut ditunggu nih kehadiran TVS Akula 310 maupun BMW G 310 R di Indonesia…

TVS-Akula-310-Concept-005


Advertisements