• Home »
  • Article »
  • Royal Enfield Himalayan Dibandrol Rp 30 Jutaan di India, di Indonesia Berapa Ya?

Royal Enfield Himalayan Dibandrol Rp 30 Jutaan di India, di Indonesia Berapa Ya?

Royal Enfield Himalayan 015

Salah satu brand motor tertua di dunia yang kini berbasis di India, Royal Enfield, bulan lalu telah memperkenalkan Royal Enfield Himalayan, motor yang masuk ke segmen adventure-tourer. Pada saat perkenalan itu Royal Enfield belum menyebutkan berapa bandrol bagi si Himalayan. Kini Royal Enfield sudah mengumumkan Himalayan bakal dibandrol dengan harga mulai dari 1,55 lakh yang setara dengan Rp 30,5 juta. Namun, harga itu masih berupa harga off the road. Jika dalam bentuk on the road, harga Himalayan mencapai 1,79 lakh atau setara dengan Rp 35 jutaan. Bagaimana harga motor ini ketika masuk ke Indonesia nantinya?

Royal Enfield Himalayan kemungkinan besar memang masuk ke Indonesia mas bro… Hal itu sangat memungkinkan karena Royal Enfield sudah membuka dealer eksklusif di Jakarta dengan menggandeng PT Distributor Motor Indonesia (DMI) dan berkomitmen membawa seluruh lineup yang dimiliki oleh Royal Enfield ke Indonesia. Bisa dikatakan kehadiran Himalayan ke Indonesia hanya tinggal menunggu waktu saja. Cepat atau lambat Himalayan dipastikan mengisi showroom Royal Enfield yang terletak di Jalan Pejaten Barat No. 5, Jakarta.

Sayangnya, Indonesia ini kurang bersahabat bagi motor dengan kapasitas di atas 250 cc. Yang dimaksud kurang bersahabat ini adalah masalah perpajakan yang sangat membebani bagi motor dengan mesin di atas 250 cc. Motor mulai dari 251 cc hingga 500 cc misalnya, bakal dikenakan PPN BM senilai 60 persen, sedangkan motor di atas 500 cc kena PPN BM 125 persen. Sialnya… Himalayan menggunakan mesin 410 cc satu silinder dan akan dikenai PPN BM sebesar 60 persen jika masuk ke Indonesia. Itu belum termasuk bea-bea lainnya yang membuat harga motor menjadi berlipat-lipat ketika masuk negara kita tercinta ini.

Namun… Kalau melihat perbandingan harga motor Royal Enfield lainnya yang sudah dijual di Indonesia, rasanya Himalayan masih bisa dibandrol dengan cukup menarik nih mas bro… Misalnya saja Royal Enfield Classic 500… Di India motor ini dijual dengan harga 1,6 lakh atau kurang lebih Rp 31,5 jutaan, sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Himalayan. Royal Enfield Classic 500 ini kemudian dijual di Indonesia dengan harga Rp 75 juta off the road… So, kalau menggunakan perbandingan itu, Himalayan rasanya bisa dijual dengan harga yang sama atau malah sedikit lebih murah dibandingkan dengan Classic 500… Ya antara Rp 70-75 juta off the road lah… Gimana menurutmu nih mas bro?

Royal-Enfield-Himalayan-Photo-Studio-005


Advertisements