Seperti Ini Sosok Final Motor Adventure-Tourer SWM Superdual

SWM-Superdual-020

Brand motor asal Italia, SWM (Speedy Working Motorcycle), memang kurang dikenal oleh sebagian besar pecinta roda dua di Indonesia. Brand motor yang satu ini memang pasang surut, sempat mati tapi kemudian dihidupkan lagi oleh investor asal China mulai tahun 2014. Sejak saat itu SWM kembali fokus menggarap segmen motor enduro, supermoto, maupun adventure-tourer!

Produk buatan SWM memang belum banyak. Untuk motor adventure-tourer pun baru memiliki satu tipe, yaitu SWM Superdual. Motor ini pun belum resmi diluncurkan mas bro… Namun, SWM Superdual sudah beberapa kali dipamerkan di event otomotif, salah satunya di EICMA 2015, Milan, pada November 2015 lalu. Rencananya SWM Superdual baru akan meluncur ke pasaran pada Mei 2016… Artinya nggak akan lama lagi, tinggal menunggu sekitar dua bulan mendatang tuh mas bro!

Melihat sosoknya, SWM Superdual memang sangat kental bernuansa adventure. Ukuran SWM Superdual tidak terlalu besar, bisa dilengkapi dengan pannier box yang menunjang kegiatan adventure, dan menariknya ban off road menjadi standar bagi motor yang satu ini. Dengan ban model tahu, SWM Superdual siap menjelajah berbagai kondisi medan, termasuk jalur off road yang sulit sekalipun. Apalagi SWM Superdual dibekali oleh mesin milik Husqvarna TE 630, mesin 630 cc satu silinder twin cam berpendingin cairan yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 54 HP yang dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Lho kok pakai mesin Husqvarna? Betul mas bro… SWM sudah mendapatkan lisensi untuk menggunakan mesin Husqvarna TE 630. Toh mesin itu sudah tidak digunakan lagi oleh Husqvarna pada lineup produknya sejak Husqvarna dilepas oleh BMW Motorrad ke KTM. Menariknya lagi, pabrik yang digunakan untuk memproduksi motor buatan SWM juga dilakukan di bekas pabrik Husqvarna di Italia, lengkap dengan engineer dan lini produksi peninggalan Husqvarna.

Oh ya, sebagai motor adventure-tourer, bobot SWM Superdual tergolong ringan, hanya 150 kg saja. Motor ini dilengkapi dengan kombinasi ban berukuran 17-19 inch, plus suspensi upside down buatan Marzocchi di bagian depan dan suspensi mono shock buatan Sach di bagian belakang. Kabarnya, SWM Superdual bakal dibandrol dengan harga 6.500 pound sterling atau setara dengan Rp 123 jutaan saja mas bro… Tapi itu harga di Eropa ya… Kalau masuk ke Indonesia melalui importir umum jelas harganya bakal melambung jauh… Mungkin bisa mencapai Rp 350-400 juta. Terima kasih untuk PPN BM 125 persen bagi motor di atas 500 cc! Monggo deh simak foto-foto versi final SWM Superdual berikut ini…

SWM-Superdual-021

SWM-Superdual-022

SWM-Superdual-023

SWM-Superdual-024

SWM-Superdual-025

SWM-Superdual-026

SWM-Superdual-027

Sumber: Enduro21.com


Advertisements