• Home »
  • Article »
  • Trail Honda… Pakai Mesin SOHC Verza Cukup, Tapi Perlu Waspada Yamaha!

Trail Honda… Pakai Mesin SOHC Verza Cukup, Tapi Perlu Waspada Yamaha!


Honda-CRF150F-2015-006

Honda CRF150F

Mas bro… Walaupun masih disamarkan dan dirahasiakan, namun pabrikan motor terbesar di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM), diyakini sedang mengembangkan sosok motor trail lokal dengan kapasitas mesin 150 cc. Malah kode project motor trail lokal buatan AHM sudah nongol di dunia maya, yaitu K84. Sudah tentu motor trail dengan kode K84 ini bakal digunakan oleh AHM sebagai alat untuk menghadang laju Kawasaki KLX150 series yang selama ini menguasai segmen pasar motor trail di Indonesia. Nah… Salah satu yang menjadi penasaran para pecinta motor trail adalah bakal menggunakan mesin seperti apa motor trail buatan AHM nanti?

Salah satu kabar yang cukup santer mengabarkan kalau sosok motor trail buatan AHM bakal menggunakan mesin 150 cc SOHC dengan 2-valve milik Honda Verza. Memang pilihan ini cukup logis mengingat dari sisi power dan torsi, mesin Honda Verza masih lebih unggul dibandingkan dengan mesin 144 cc SOHC 2-valve punya Kawasaki KLX150 yang terkenal lemot! Apalagi mesin Honda Verza itu sederhana, biaya produksi rendah, tangguh, nggak rewel, perawatan mudah dan murah, serta suku cadang melimpah… Enak banget deh buat konsumen… Yang jelas mesin Honda Verza sudah lebih dari cukup untuk menghadang laju Kawasaki KLX150 series!

Akan tetapi… Mesin Honda Verza cocok kalau AHM hanya mempertimbangkan jangka pendek saja, yaitu melibas Kawasaki KLX150 series. Sebelumnya juga sempat ada kasak-kusuk kalau Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal mengembangkan motor trail dengan kapasitas mesin 150 cc. Menariknya, kabar mengatakan kalau motor trail buatan YIMM mengandalkan mesin yang sama dengan Yamaha V-Ixion, berupa mesin berkapasitas 150 cc SOHC dengan 4-valve dan berpendingin cairan! Kurang lebih seperti Yamaha WR125R di Eropa. Jika skenario ini terjadi, motor trail buatan AHM hanya menang spek dari Kawasaki KLX150, namun inferior dibandingkan dengan sebut saja Yamaha WR150R…

New-Kawasaki-KLX150-031

Kawasaki KLX150 BF

Kalau mempertimbangkan pesaing yang muncul di masa yang akan datang, AHM bisa juga mengeluarkan motor trail dengan mesin yang lebih superior. Sekarang AHM sudah punya tuh mesin 150 cc DOHC berpendingin cairan yang dipasang pada Honda Sonic 150, All New Honda CB150R, dan terakhir di All New Honda CB150R. Mesin DOHC yang dipasangkan di ketiga motor itu memiliki karakter torque berkat perbandingan bore dan stroke yang nyaris berimbang alias near square… Yups… Saya sempat melakukan test ride Honda Sonic 150 dan All New Honda CB150R, memang tarikannya sangat galak. Kawasaki KLX150L yang biasa menemani saya pun nggak ada apa-apanya. Selama ini mesin 150 DOHC punya Honda bersaing sengit dengan 150 cc SOHC 4-valve milik Yamaha di segmen motor sport full fairing dan naked sport. Bakal menarik kalau kedua mesin itu kembali bersaing di segmen motor trail.

Last… Mesin apapun yang bakal digunakan oleh AHM untuk motor trailnya, kita sih nggak terlalu ambil pusing… Ada pesaing Kawasaki KLX150 yang nongol di pasaran saja udah seneng. Terserah deh mau SOHC atau DOHC… Kalau SOHC yang jelas harga bisa murah, sedangkan kalau pakai mesin DOHC nggak mungkin harganya bisa nyaman di rekening tabungan… Kabarnya motor trail Honda K84 bakal nongol menjelang akhir tahun ini. Tapi saya sih masih pesimis. Paling realistis tahun 2017 lah…

Yamaha-WR125R-001

Yamaha WR125R


Advertisements