Kenalan Dengan AJP PR5 Enduro, Motor Trail yang Segera Masuk ke Indonesia

AJP-PR5-005

Mas bro… Brand motor asal Portugal, AJP Motos, segera meramaikan pasar motor off road di Indonesia. Rencananya AJP Motos masuk ke Indonesia melalui Bruder Motorsport Internasional, distributor yang juga menjadi Agen Pemegang Merek (APM) Beta Motorcycle di Indonesia (Baca: Bruder Motorsport Bakal Jual Produk AJP Motos Asal Portugal). Untuk tahap awal, Bruder Motorsport sudah menyatakan akan memboyong dua produk buatan AJP Motos, salah satunya adalah AJP PR5 Enduro. Motor yang satu ini kemungkinan baru masuk ke Indonesia pada bulan Mei 2016 mendatang. Memang seperti apa sih spesifikasi dari AJP PR5 Enduro.

Mengutip dari website resmi AJP Motos, AJP PR5 Enduro sesuai dengan namanya merupakan motor yang diperuntukkan bagi kegiatan enduro alias motor off road tulen. Motor ini memiliki kapasitas mesin sebesar 249 cc satu silinder, 4-stroke, 4-valve, dan mengandalkan pendingin cairan atau radiator plus sistem injeksi bahan bakar 34 mm buatan Delphi. Mesin tersebut disambungkan ke roda menggunakan transmisi manual 6-percepatan. Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin AJP PR5 Enduro tergolong cukup mantap, mencapai 27,5 HP di putaran mesin 8.000 rpm, sedangkan torsi maksimal yang bisa dikail mencapai 23 Nm di putaran mesin 7.000 rpm.

Di bagian sasis, AJP mengandalkan perpaduan antara aluminium dan baja. Nggak heran kalau bobot AJP PR5 Enduro masih tergolong agak berat. Bobotnya sendiri berada di angka 123 kg. Memang bobot ini agak inferior kalau dibandingkan dengan motor enduro dengan kapasitas serupa buatan KTM atau Husqvarna. Tapi fitur yang dijejalkan pada AJP PR5 Enduro sudah tergolong lumayan, seperti suspensi upside down 48 mm dan suspensi belakang mono shock yang semuanya buatan Sach dan fully adjustable.

Bagaimana dengan desain? Ini hanya masalah selera saja sih ya… Walaupun desain AJP PR5 Enduro masih terkesan kaku, tapi sudah cukup lumayan lah. Salah satu bagian yang unik mungkin terdapat pada sasis dengan bentuk seperti segitiga di bagian samping. Oh ya, walaupun judulnya merupakan motor enduro, AJP PR5 Enduro dilengkapi dengan headlamp, stop lamp, lampu sign, speedometer, klakson, hingga holder plat nomor. So, motor ini bisa dibeli lengkap dengan surat-suratnya dan legal digunakan di jalan raya mas bro. Tertarik meminang AJP PR5 Enduro? Tunggu aja deh di showroom Bruder Motorsport yang berada di Bali pada bulan Mei 2016 nanti!

AJP-PR5-006

AJP-PR5-007

AJP-PR5-003

AJP-PR5-004


Advertisements