Tes Harian Benelli Zafferano 250 (3): Handling-nya Oke Banget…


Benelli-Zafferano-250-Adventuriderz-003

Melanjutkan ulasan mengenai tes harian Benelli Zafferano 250 yang sudah lumayan lama terbengkalai… Kali ini saya akan membahas mengenai masalah handling mas bro… Dari segi ukuran, Benelli Zafferano memang tergolong bongsor. Malah kalau kata saya sangat bongsor… Bobotnya juga lumayan berat untuk ukuran motor skutik, mencapai 155 kg. Kalau melihat ukuran dan bobotnya memang sangat mengintimidasi motor ini. Terus gimana impresi handling Benelli Zafferano 250 secara keseluruhan?

Walaupun ukurannya gambot dan bobotnya begitu nampol, ternyata setelah dinaiki handling Benelli Zafferano 250 sangat oke tuh mas bro… Diajak nekuk kanan kiri sangat mudah. Bahkan buat riding miring-miring pun tergolong nurut. Mungkin hal ini juga dipengaruhi oleh ukuran ban yang cukup lebar di kelasnya, membuat pede nikung dengan sedikit rebah… Kemudian suspensinya juga nyaman banget dan empuk. Bahkan kalau menurut saya suspensi Benelli Zafferano 250 ini jauh lebih nyaman dan empuk kalau dibandingkan dengan saudaranya yang bergenre naked sport, Benelli TNT 250, yang juga sudah pernah saya ulas sebelumnya. Mau menghajar lubang atau speed trap dengan kecepatan tinggi pun nggak ada masalah.

Bagaimakah jika Benelli Zafferano diajak macet-macetan. Memang betul motor ini enak ditekuk kanan-kiri. Handling bisa dilakukan dengan mudah. Tapi perlu diingat, ukuran motor ini begitu gambot dan lebar. Jadi walaupun enak buat diajak selap-selip, namun perlu diperhatikan juga ruang yang tersisa di tengah kemacetan. Sering kali saya nggak bisa masuk di celah-celah mobil karena ukurannya yang besar. Mesti sedikit ekstra sabar kalau menggunakan ketemu macet menggunakan Benelli Zafferano 250. Beruntung ini adalah motor skutik yang nggak perlu tarik ulur tuas kopling, membuat riding dengan Benelli Zafferano 250 cukup rileks lah walaupun kena macet sekalipun. Sedikit kekurangan Benelli Zafferano 250 adalah terjadi vibrasi ketika motor berjalan di kecepatan antara 10-20 km/jam. Kayaknya vibrasi ini juga lazim terjadi pada motor-motor skutik, terutama yang berkapasitas besar. Di atas itu sih mulus dan nyaman banget…

Benelli-Zafferano-250-Adventuriderz-023


Advertisements