• Home »
  • Article »
  • Royal Enfield Riset Mesin 600-650 cc Dua Silinder untuk Ekspansi Pasar Global

Royal Enfield Riset Mesin 600-650 cc Dua Silinder untuk Ekspansi Pasar Global



Royal Enfield Himalayan 016

Brand motor yang bermarkas di India, Royal Enfield, sepertinya sangat berambisi dalam melakukan ekspansi. Belum lama ini Royal Enfield telah meluncurkan Royal Enfield Himalayan, sebuah motor adventure-tourer yang tidak ada di dalam lineup Royal Enfield sebelumnya. Menariknya lagi, Royal Enfield Himalayan menggunakan mesinbaru, yaitu LS410. Mesin itu dikembangkan khusus untuk Royal Enfield Himalayan dan belum dipakai oleh motor-motor lain buatan Royal Enfield.

Setelah merasa sukses dalam mengembangkan Royal Enfield Himalayan, kini Royal Enfield dikabarkan sedang melakukan riset terhadap mesin baru yang berkubikasi antara 600-650 cc dua silinder dengan kode P61. Mesin ini dikembangkan di pusat R&D Royal Enfield yang berada di Inggris. Kenapa bisa dibilang benar-benar baru? Karena selama ini Royal Enfield hanya mengandalkan mesin-mesin 350-500 cc satu silinder. Royal Enfield belum memiliki mesin dua silinder sama sekali di dalam produknya.

Nah… Mesin dengan kapasitas 600-650 cc dua silinder itu akan digunakan oleh Royal Enfield dalam pengembangan produk untuk pasar global. Tidak tangung-tanggung, pabrikan yang berbasis di Chennai itu bahkan menargetkan produknya bisa menyaingi brand-brand motor yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa. Sampai saat ini belum diketahui seperti apa produk global baru yang bakal digelontorkan oleh Royal Enfield. Namun, produk baru ini diyakini keluar pada tahun 2017 mendatang.

Selain membuat all new engine dengan kapasitas 600-650 cc dua silinder, Royal Enfield juga sedang mengembangkan Royal Enfield Classic dan Royal Enfield Thunderbird dengan kapasitas yang lebih besar. Sekarang Royal Enfield Classic dan Royal Enfield Thunderbird memiliki dua varian mesin, yakni 350 cc dan 500 cc. Nantinya, Royal Enfield Classic dan Royal Enfield Thunderbird juga akan tersedia dalam pilihan mesin 700-750 cc yang tetap setia dengan konfigurasi satu silinder. Nggak kebayang gimana nampolnya torsi mesin big single seperti ini!

Royal-Enfield-Store-002


Advertisements