KTM Bakal Tarik Penjualan Sahamnya dari Lantai Bursa



KTM-125-EXC-Six-Days-002

Kabar terbaru datang dari pabrikan motor asal Austria yang amat sangat identik dengan warna khas orange, KTM. Seperti dilansir oleh Asphalt & Rubber, saat ini sebanyak 51,4 persen saham KTM dipegang oleh Cross Industries yang dijalankan oleh Stefan Pierer. Nah, sebagai pemegang saham mayoritas, Stefan Pierer sendiri sekarang juga bertindak sebagai Chief Executive Officer (CEO) KTM. Rencananya, Stefan Pierer melalui Cross Industries akan menarik perdagangan saham KTM dari lantai bursa, Vienna Stock Exchange.

Memang tidak diketahui secara pasti apa alasan Stefan Pierer yang ingin menjadikan KTM dari perusahaan publik menjadi perusahaan private. Namun, penarikan saham KTM dari lantai bursa sepertinya tidak akan berpengaruh banyak terhadap pemegang saham. Pasalnya, jumlah saham KTM yang diperjualbelikan di lantai bursa tergolong sangat kecil. Selain dikuasai oleh Cross Industries sebesar 51,4 persen, saham KTM dimiliki oleh pabrikan motor asal India, Bajaj Auto, dengan besaran mencapai 48 persen, sehingga jumlah saham yang diperjualbelikan di lantai bursa hanya mencapai 0,6 persen saja. Disebutkan kalau Cross Industries menawarkan harga sebesar 122,5 pound sterling per lembar saham bagi 0,6 persen saham yang dimiliki oleh publik untuk menjadikan KTM sebagai perusahaan private. Dewan komisaris KTM akan melakukan meeting untuk membahas mengenai rencana ini pada 21 April 2016, dan sepertinya mereka tidak ragu lagi untuk menyetujui rencana dari Cross Industries.

Saya juga baru tahu nih mas bro, selain memiliki 51,4 persen saham KTM melalui Cross Industries, rupanya Stefan Pierer dengan perusahaannya itu (Cross Industries) juga memiliki nyaris 100 persen saham di WP AG. Tahu WP nggak? Itu tuh, merek suspensi yang terpasang di motor KTM dan Husqvarna. Pantesan seluruh produk KTM dan Husqvarna menggunakan suspensi buatan WP. Ternyata ada benang merah juga antara kepemilikan KTM, Husqvarna, dan WP. Intinya, Cross Industries punya 51,4 persen saham KTM, KTM punya 100 persen saham Husqvarna, dan Cross Industries punya 99,7 persen saham WP. So, perusahaan-perusahaan di bawah naungan Cross Industries ini saling berkolaborasi mas bro. Untuk lebih jelasnya, diagram saham yang dimiliki oleh Stefan Pierer melalui Cross Industries bisa mas bro lihat di bawah ini…

cross-industries-org-chart


Advertisements