Serunya Perjalanan Datsun Risers Expedition dari Medan ke Pekanbaru (1)

Datsun-Risers-Expedition-001

Sekitar sebulan yang lalu memang saya beruntung bisa mendapatkan kesempatan jalan-jalan di Tanah Sumatera dengan Nissan Motor Indonesia melalui brand Datsun Indonesia dalam acara yang bertajuk Datsun Risers Expedition. Sekedar informasi saja, Datsun Risers Expedition merupakan ajang pembuktian ketangguhan mobil Datsun Go+ Panca dalam menaklukkan berbagai kondisi medan dan mengeksplor berbagai kekayaan alam, sejarah, maupun budaya di Indonesia. Ini memang bukan adventure menggunakan motor sih mas bro, tapi nggak ada salahnya juga di-share di sini biar mas bro tahu mengenai gambaran keindahan Tanah Sumatera. Mungkin juga bisa menjadi inspirasi kalau ingin menjelajah Sumatera menggunakan motor!

Kalau saya nggak salah, Datsun Risers Expedition sudah dimulai sejak tahun lalu dengan melakukan perjalanan gemolbang pertama, yaitu Jawa-Bali-Lombok. Kemudian gelombang kedua mengeksplor Sulawesi, gelombang ketiga di Kalimantan, dan terakhir atau gelombang keempat di Sumatera. Masing-masing gelombang itu terbagi lagi menjadi beberapa etape mas bro. Misalnya saja untuk Sumatera, dipecah menjadi empat etape, antara lain Banda Aceh-Medan, Medan-Pekanbaru, Pekanbaru-Padang, dan sebagai etape pamungkasnya Palembang-Lampung-Jakarta.

Kebetulan sekali di Datsun Risers Expedition gelombang keempat (Sumatera) ini saya mendapatkan jatah di etape kedua yang menempuh perjalanan antara Medan dan Pekanbaru. Dalam menggeber Datsun Go+ Panca pun saya nggak sendiri, tapi ditemani oleh rekan satu tim, yaitu Mas Mario Devan dan Mas Gesang Potretbikers. Memang dalam Datsun Risers Expedition ini secara total ada lima tim yang selanjutnya disebut Risers 1 sampai Risers 5, dengan masing-masing tim terdiri dari tiga orang.

Terbang ke Medan

Tanggal 7 Maret 2016 saya bersama anggota tim lainnya terbang ke Medan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia. Berbeda dengan Mas Mario Devan dan Mas Gesang yang berangkat dari Surabaya, titik keberangkatan saya waktu itu adalah dari Jakarta karena posisinya memang sedang tidak berada di Surabaya. Siang hari yang amat sangat terik saya sudah mendarat di Bandara Kuala Namu Medan, kemudian bertemu dengan anggota tim-tim lain dari berbagai kota, seperti Surabaya (tim saya), Lamongan, Makassar, dan dua tim dari Jakarta.

Datsun-Risers-Expedition-Day-1-07032016-001

Menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta

Berkunjung ke Istana Maimun

Sesampainya di Medan, para Risers memang belum driving menggunakan mobil Datsun Go+ Panca mas bro… Kami masih bisa enak duduk-duduk di kursi penumpang karena sudah ada driver yang memboyong kami menuju destinasi pertama, Istana Maimun. Dalam perjalanan dari Bandara Kuala Namu hingga Istana Maimun ini para anggota tim juga saling berkenalan melalui radio komunikasi yang sudah terpasang di masing-masing mobil. Memang enak banget ya konvoi mobil walaupun dalam jumlah banyak menggunakan radio komunikasi seperti ini. Sangat memudahkan dalam berkoordinasi.

Bandara Kuala Namu itu terletak di Kabupaten Deli Serdang yang jaraknya lumayan jauh dari Kota Medan. Jadi nggak mengherankan kalau perjalanan dari Bandara Kuala Namu ke Istana Maimun ditempuh dalam waktu yang cukup lama. Apalagi lalu lintas di Medan tergolong ramai kesadaran berlalu lintas para pengemudi mobil, motor, dan becak motor di sana masih minim. Ngeri-ngeri sedap lah driving di Medan itu…

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya ke Kota Medan. Kalau nggak salah malah sudah yang ketiga kalinya. Mengunjungi Istana Maimun pun bukan pertama kalinya. Namun tetap saja Istana Maimun menjadi destinasi yang menarik di kunjungi karena ini merupakan salah satu ikon Kota Medan yang menyimpan sejarah panjang dari Kesultanan Deli. Istana Maimun tetap nyentrik dengan warna khasnya kuning keemasan. Di dalam bangunan istana terdapat beberapa koleksi yang dipamerkan, seperti singgasana raja dengan warna dominan kuning keemasan, foto-foto raja Kesultanan Deli dan permaisurinya, dan sejumlah perabotan yang jumlahnya nggak terlalu banyak.

Datsun-Risers-Expedition-Day-1-07032016-002

Perjalanan dari Bandara Kuala Namu menuju Istana Maimun di pusat kota Medan

Datsun-Risers-Expedition-Day-1-07032016-003

Istana Maimun peninggalan Kesultanan Deli

Datsun-Risers-Expedition-Day-1-07032016-006

Suasana di dalam Istana Maimun

Datsun-Risers-Expedition-Day-1-07032016-005

Menikmati alunan lagu Melayu dengan menari bersama

Datsun-Risers-Expedition-Day-1-07032016-004

Pose di depan Istana Maimun

Bermalam di Hotel Danau Toba International

Puas mengeksplor Istana Maimun, para Risers digiring ke Hotel Danau Toba International, sebuah hotel berbintang empat yang terletak di pusat Kota Medan. Kayaknya Datsun berusaha memberikan yang terbaik nih kepada para Risers. Selain dikasih penerbangan Garuda Indonesia, para Risers juga dapat penginapan di hotel berbintang. Tentu saja semua itu didapatkan oleh para Risers secara gratis. Biaya ditanggung oleh Datsun Indonesia. Gimana serunya para Risers menjelajah Sumatera? Kayaknya mending dilanjut di postingan berikutnya deh biar nggak kepanjangan.


Advertisements