Motor Trail Honda K84 Mestinya Segera Diluncurkan…


Honda-XR150L-002

Mas bro, Astra Honda Motor (AHM) walaupun terus menyanggah namun diketahui sedang mengembangkan motor trail dengan kapasitas mesin 150 cc yang diberi kode project K84. Jelas saja motor trail Honda K84 ini bakal mengisi segmen motor trail low-end yang sekarang dikuasai oleh Kawasaki Motor Indonesia melalui Kawasaki KLX150 series. Sampai saat ini masih belum jelas kapan Honda K84 melenggang ke pasaran. AHM memang cukup rapat dalam menyimpan rahasia untuk produk baru. Ada yang mengatakan Honda K84 meluncur sebelum akhir tahun 2016. Tapi kalau prediksi saya pribadi sih kemungkinan motor ini baru dilempar ke pasaran pada tahun 2017.

Mestinya AHM nggak perlu lama-lama dalam menggelontorkan Honda K84. Kenapa? Pasar saat ini sedang gegap gempita dengan motor trail. Itu terbukti dari distribusi Kawasaki KLX150 series (all variant) di bulan Januari 2016 yang mencapai lebih dari 5.500 unit. Angka itu sudah lebih dari cukup untuk mengalahkan distribusi motor-motor sport andalan AHM seperti Honda Verza, Honda CB150R, dan Honda CBR150R di bulan yang sama. Kalau ditambah dengan Kawasaki D’Tracker yang menggunakan platform sama dengan Kawasaki KLX150, maka jumlah distribusi mencapai lebih dari 7.300 unit. Tentu saja ini bukan lagi angka yang kecil. AHM nggak bisa lagi ngeles segmen motor trail masih belum sebesar segmen motor lainnya. Lha wong buktinya sudah mampu mengimbangi motor-motor sport andalan AHM tuh! Penjelasan lengkap mengenai gimana larisnya Kawasaki KLX150 bisa dibaca di artikel dengan judul “Penjualan Kawasaki KLX150 Masih Sangat Laris di Pasaran” dan “Beli Kawasaki KLX150 BF Masih Perlu Indent, Pertanda Laris Manis?“.

Wujud Honda K84 sendiri sampai sekarang memang masih belum terlihat. Kalau mencoba memprediksi, kemungkinan wujud Honda K84 nggak jauh berbeda dengan Honda XR150L di Filipina atau Honda NXR 160 Bros di Brazil. Motor-motor itu menggunakan mesin yang sama, serupa dengan Honda Verza, yaitu mesin 150 cc SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara yang digerakkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Kalau hanya untuk melawan Kawasaki KLX150, rasanya mesin Honda Verza itu sudah lebih dari cukup. Namun, AHM perlu memperhatikan desain Honda K84 nantinya. Desain mesti agresif, keren, dan ganteng karena desain Kawasaki KLX150 series sekarang sulit membuat orang berpaling. Ayo AHM, buruan brojolin Honda K84. Nggak pakai lama!

Honda-NXR-160-Bros-001


Advertisements