Mungkin Nggak Sih Viar Pasarkan Zongshen RX3???

Zongshen RX3 5

Segmen motor adventure-tourer bermesin kecil bisa dikatakan masih sepi pemain. Nggak cuma di Indonesia, di pasar global pun nggak banyak produsen yang terjun di segmen ini, terutama untuk mesin 250 cc. Setahu saya sih salah satu motor adventure-tourer 250 cc yang ada di pasar global adalah Zongshen RX3. Motor yang diproduksi di China itu sudah dipasarkan di sejumlah negara di Eropa, bahkan juga dijual di Amerika Serikat. Mungkinkah Zongshen RX3 dipasarkan di Indonesia?

Entah mendapatkan wangsit dari mana, kok sepertinya Zongshen RX3 sangat berpeluang dipasarkan di Indonesia mas bro… Salah satu brand yang berpotensi memasarkan motor ini adalah Viar yang mempunyai pabrik di Semarang. Wangsit yang saya dapatkan ini memang bukan tanpa alasan. Selama ini Viar juga sudah menjual motor trail yang secara basic buatan Zongshen, yaitu Viar Cross X 250 SE. So, afiliasi antara Viar dan Zongshen sebenarnya sudah cukup kuat, sehingga peluang untuk memasarkan motor ini cukup tinggi.

Alasan lainnya, segmen motor adventure-tourer 250 cc di Indonesia masih kosong melompong. Belum ada pabrikan lain yang mempunyai produk di kelas ini. Motor adventure-tourer paling kecil yang beredar di Indonesia dari pabrikan ternama cuma ada Honda CB500X. Kalaupun ada brand lain, itu produk yang kurang dikenal, yaitu SOIB Adventure 400. Kedua motor itu sudah dikenakan PPN BM 60 persen, nggak heran kalau harganya pun tergolong mahal. Artinya, di sini ada peluang yang cukup besar bagi Viar untuk mengisi segmen motor adventure-tourer yang masih kosong ini. Kalau sebelumnya Viar sudah bisa dikatakan sukses memasarkan Viar Cross X 250 SE, kenapa nggak mencoba mbabat alas lagi dengan bermain di segmen adventure-tourer?

Misalnya Viar benar memasarkan Zongshen RX3, motor ini bisa dirakit di pabrik Viar yang ada di Semarang. Kurang lebih sama dengan Viar Cross X 250 SE lah… Syukur kalau beberapa part sudah bisa diproduksi di Indonesia yang berujung mengurangi biaya produksi. Asyik juga nih seandainya Viar menjual Zongshen RX3 dengan harga Rp 40 jutaan. Toh selama ini motor trail Viar sudah diakui tangguh dan nggak rewel. Mungkin hal itu juga bisa meyakinkan konsumen bahwa produk lainnya, termasuk Zongshen RX3 ini juga handal. Apalagi jaringan 3S Viar sudah luas nih mas bro. Gimana, oke nggak nih kalau Viar jual Zongshen RX3?


Advertisements