Kawasaki KLX150… Biar Siap Adventure, Apa yang Mesti Diubah?


New-Kawasaki-KLX150-031

Saat ini motor trail memang sedang sangat populer di Indonesia. Kepopuleran motor trail juga terlihat dari banyaknya event trail adventure yang digelar di berbagai daerah hampir setiap akhir pekan. Hal itu secara otomatis juga mendongkrak penjualan motor trail di Indonesia, baik itu dari brand ternama maupun brand lokal. Malah peminat motor trail nggak cuma berasal dari kalangan pecinta off road, tapi juga sebagai kendaraan harian alias komuter.

Salah satu produk motor trail yang paling laris di pasaran adakah Kawasaki KLX150 series. Larisnya Kawasaki KLX150 series sebenarnya tidak mengherankan. Alasannya, Kawasaki KLX150 merupakan motor trail 150 cc dari brand Jepang satu-satunya yang dipasarkan di Indonesia. Kemudian motor ini memang punya desain yang super ganteng. Selain itu, harga Kawasaki KLX150 tergolong bersahabat, di angka Rp 30 jutaan, walaupun harga ini masih jauh lebih mahal dibandingkan dengan motor berkapasitas mesin sama dari brand lokal.

Bagi konsumen yang masih awam dengan motor trail, mungkin bakal banyak yang menyangka Kawasaki KLX150 adalah motor yang strong buat melibas tanjakan. Padahal, dalam kondisi standar, Kawasaki KLX150 lelet banget buat nanjak. Bahkan di kawasan pegunungan yang penuh tanjakan, Kawasaki KLX150 kerap diasapi dengan mudah oleh motor-motor bebek atau skutik dengan mesin yang lebih kecil. Nanjak di jalan aspal mulus aja empot-emootan, gimana mau mainan off road alias trail adventure kan?

Dalam kondisi standar memang Kawasaki KLX150 sudah bisa main off road, tapi ya off road ringan aja. Kalau masuk ke jalur off road yang lebih berat, terutama menghadapi tanjakan tinggi, jelas bakal merepotkan rider itu sendiri. Pengguna Kawasaki KLX150 paling nggak perlu melakukan modifikasi agar tunggangannya lebih strong di jalur off road. Memang apa saja yang perlu diubah agar Kawasaki KLX150 punya energi tambahan untuk bermain off road? Ini bukan modifikasi besar-besaran lho ya, tapi modifikasi minimalis saja.

Pasang Knalpot Free Flow

Tarikan tenaga dan torsi Kawasaki KLX150 memang sudah dikenal lemot. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kurang gregetnya tenaga dan torsi Kawasaki KLX150 adalah dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot model free flow. Ada banyak knalpot free flow khusus untuk Kawasaki KLX150 di pasaran. Mulai dari R9, Norifumi, Nob1, FMF, dan lain-lain. Harganya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga Rp 2 jutaan. Mas bro bisa juga menggunakan knalpot custom. Tinggal sesuaikan saja dengan budget hang tersedia.

Kawasaki-KLX150-Norifumi-Muffler-

Ganti Karburator

Biasanya langkah yang dilakukan bersamaan dengan pemasangan knalpot free flow adalah mengganti karburator yang venturinya lebih besar. Karburator standar Kawasaki KLX150 memiliki venturi 24 mm. Ukuran ini dianggap terlalu kecil yang membuat tenaga tidak keluar secara maksimal. Apalagi karburator Kawasaki KLX150 menggunakan tipe vakum, sehingga respon dari tarikan gas nggak bisa instan. Penggantian karburator standar dengan karburator berukuran venturi lebih besar (28 mm) bisa menjadi langkah yang tepat untuk mendongkrak tenaga motor.

Kawasaki-KLX150-Keihin-PE-28

Ganti Ban Off Road

Ban standar Kawasaki KLX150 itu masuk ke dalam tipe ban dual purpose. Artinya, ban ini memiliki kemampuan 50:50 antara di medan off road dan on road. Memang masih bisa dipakai untuk off road, tapi ya off road ringan aja. Bakal repot sendiri kalau mau off road pakai ban dual purpose. Apalagi kalau kondisi jalur basah dan banyak tanjakan. Solusinya ya mengganti ban standar dengan ban off road. Di pasaran banyak banget ban off road, baik untuk kombinasi rim 16-19 inch maupun 18-21 inch. Harganya juga macem-macem, dari yang ratusan ribu sampai jutaan juga ada. Beberapa ban off road murah yang cukup direkomendasikan antara lain IRC Motocross dan Swallow Terra Cross. Kalau mau yang lebih mahal sih banyak, misalnya Maxxis, Pirelli, Dunlop, dan masih banyak lagi.

Kawasaki-KLX150-Dunlop-Geomax-Enduro

Ganti Gear

Biar tarikan motor di tanjakan lebih nampol, ada baiknya mengubah rasio gear standar Kawasaki KLX150. Pengubahan rasio gear bisa dilakukan dengan mengganti gear belakang yang ukurannya lebih besar daripada ukuran standar, mengganti gear depan dengan ukuran lebih kecil dari standar, atau kombinasi keduanya. Mengenai penggantian gear ini sudah pernah saya bahas di artikel tersendiri yang berjudul “Tips Naikkan Akselerasi Kawasaki KLX150 Tanpa Ubahan di Sektor Mesin“.

Sprocket-SSS-Kawasaki-KLX150


Advertisements