Kembali ke Indonesia, Bajaj Bakal Jual Motor KTM di Bawah 400 cc


KTM-Duke-250-004

Kabar mengenai kembalinya Bajaj di pasar motor Indonesia sepertinya sudah semakin jelas. Bagaimana bentuk kerjasama antara Bajaj dan KTM di Indonesia juga sudah semakin mengerucut. Sebelumnya memang dikabarkan kalau Bajaj bakal kembali ke Indonesia dengan menggandeng KTM. Memang gimana sih bentuk kerjasama antara Bajaj dan KTM nanti?

Bajaj Auto sudah memberikan pengumuman dalam keterbukaan informasi di bursa efek seperti yang dilansir oleh RushLane, jadi rencananya Bajaj akan mengelola dealer dengan brand KTM di Indonesia. Namun  brand yang dikelola oleh Bajaj ini hanya untuk menjual produk KTM dengan mesin di bawah 400 cc. Langkah ini sudah dilakukan oleh Bajaj dan KTM di India dan terbukti sukses, sehingga strategi yang sama akan digunakan di pasar Indonesia.

Perlu diketahui, nantinya dealer KTM yang dikelola oleh Bajaj hanya menyediakan motor hasil produksi pabrik Bajaj. Saat ini ada beberapa produk KTM yang diproduksi di plant Bajaj, di antaranya KTM Duke 125, KTM Duke 200, KTM Duke 250, KTM Duke 390, KTM RC 125, KTM RC 200, KTM RC 250, dan KTM RC 390. Jadi untuk motor enduro dan motocross walaupun di bawah 400 cc tetap dijual oleh dealer KTM di bawah naungan distributor yang sekarang, yaitu PT Jaya Selaras Sejahtera.

Jadi intinya sih gini, nanti brand KTM di Indonesia bakal dikelola oleh dua pihak sekaligus. Pertama adalah PT Jaya Selaras Sejahtera yang menjual produk KTM dengan tipe enduro dan motocross (all variant), serta tipe lainnya (sport, naked sport, dual sport, supermoto, adventure-tourer) dengan kapasitas mesin di atas 400 cc. Pihak kedua yang mengelola adalah Bajaj yang fokus menjual KTM Duke dan RC series dengan mesin di bawah 400 cc. Bisa jadi di showroom KTM yang dikelola Bajaj juga tersedia berbagai macam produk Bajaj.

Mungkin banyak di antara mas bro sekalian penasaran, kok bisa sih Bajaj ikut mengambil alih pengelolaan brand KTM di Indonesia? Itu bisa dilakukan karena Bajaj Auto punya kepemilikan 48 persen saham di KTM Austria. Bisa dikatakan kalau Bajaj punya kuasa yang sangat besar terhadap KTM. Apakah bentuk kolaborasi antara Bajaj dan KTM yang sudah sukses di India bakal sukses juga diterapkan di Indonesia? Kita lihat saja nanti deh!


Advertisements