• Home »
  • Article »
  • Yamaha MT-09 Tracer Harusnya Bisa Mendukung Penjualan Varian di Bawahnya

Yamaha MT-09 Tracer Harusnya Bisa Mendukung Penjualan Varian di Bawahnya

Yamaha-MT-09-Tracer-005

Pekan lalu, tepatnya 8 April 2016, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan moge baru yang masuk ke dalam kategori motor adventure-tourer, yaitu Yamaha MT-09 Tracer. Motor yang dikembangkan dari basis Yamaha MT-09 dengan mesin 847 cc tiga silinder sejajar itu dibandrol pada harga Rp 325 juta on the road Jakarta. Memang harga ini tergolong di luar perkiraan mas bro. Sebelumnya banyak yang memprediksi Yamaha MT-09 Tracer dijual tidak jauh dari harga Yamaha MT-09. Di Indonesia, Yamaha MT-09 sendiri dihargai Rp 250 juta on the road Jakarta, sehingga Yamaha MT-09 Tracer diperkirakan ada di rentang harga Rp 250-300 juta. Ya kurang lebih Rp 270-290 juta lah. Kenyataanya harga antara Yamaha MT-09 dan Yamaha MT-09 Tracer memiliki selisih yang cukup jauh, mencapai Rp 75 juta.

Walaupun dibandrol dengan harga Rp 325 juta, Yamaha MT-09 Tracer masih tetap menarik untuk dipinang. Salah satu kompetitor yang mesti diwaspadai oleh Yamaha MT-09 Tracer hanyalah Kawasaki Versys 1000, motor adventure-tourer 1.000 cc empat silinder sejajar yang dibandrol dengan harga Rp 335 juta. Sedangkan motor adventure-tourer kelas berat lainnya seperti BMW R 1200 GS maupun KTM 1290 Super Adventure harganya jauh di atas Yamaha MT-09 Tracer. Kedua motor yang berasal dari brand Eropa itu harganya di Indonesia mencapai lebih dari Rp 600 juta. Itupun masih dalam bentuk off the road.

Banyak yang menilai Yamaha MT-09 Tracer bakal laris-manis di pasaran Indonesia. Hal itu bisa terjadi karena motor adventure-tourer memang banyak digandrungi di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan Yamaha MT-09 Tracer menjadi motor adventure-tourer paling laris di Inggris. Sayangnya, Yamaha Indonesia hanya memasukkan 20 unit Yamaha MT-09 Tracer. Dengan jumlah sesedikit itu, bukan nggak mungkin Yamaha MT-09 Tracer cepat ludes pada tahun ini.

Sampai sekarang masih belum diketahui apa alasan Yamaha Indonesia hanya memasukkan Yamaha MT-09 Tracer dalam jumlah yang sangat sedikit. Apa mungkin Yamaha Indonesia masih ragu motor ini bisa laris di pasaran karena harganya relatif tinggi? Kalau memang begitu, Yamaha Indonesia bisa menggunakan Yamaha MT-09 Tracer sebagai motor flagship yang digunakan untuk mendukung penjualan motor bertipe serupa namun dengan kapasitas mesin lebih kecil. Memang Yamaha Indonesia punya? Ya paling nggak sekarang Yamaha Indonesia sudah memproduksi Yamaha YZF-R25 (sport full fairing) dan Yamaha MT-25 (naked sport). Keduanya menggunakan basis mesin dan rangka yang sama persis. Sekarang Yamaha Indonesia tinggal membuat tipe motor yang ketiga, yaitu adventure-tourer, menggunakan basis mesin dan rangka yang sama. Yups, membuat Yamaha MT-25 Tracer tentu bukan hal yang sulit bagi Yamaha Indonesia. Toh basisnya sudah ada, tinggal menggunakan Yamaha MT-25 dengan sejumlah perubahan agar karakternya cocok sebagai motor adventure-tourer. Asli deh tipe motor motor adventure-tourer lagi banyak banget peminatnya!

Langkah yang sama sebenarnya sudah dilakukan Yamaha pada motor sport full fairing. Mereka menghadirkan Yamaha YZF-R1 dan Yamaha YZF-R6 untuk mendukung penjualan Yamaha YZF-R15 dan Yamaha YZF-R25. Ketika Yamaha Indonesia memberikan iming-iming Yamaha YZF-R1 atau Yamaha YZF-R6 dan sebagian besar konsumen di Indonesia tidak mampu membelinya, perusahaan kemudian menggelontorkan Yamaha YZF-R15 dan Yamaha YZF-R25 yang harganya amat jauh lebih murah! Strategi seperti ini juga bisa diterapkan kepada Yamaha MT-09 Tracer kepada Yamaha MT-25 Tracer kalau Yamaha Indonesia mau membuatnya. Toh dengan konsep seperti ini sejalan dengan filosofi Yamaha Indonesia sebagai manufacture, bukan sebagai importir. Ketika nggak bisa menjual moge dalam jumlah banyak, ya bikin aja tiruannya dengan mesin lebih kecil dan dikasih harga murah!


Advertisements