Ada Dua Opsi Masuknya Zongshen RX3 ke Indonesia, via ATPM dan IU



Zongshen-RX3-003

Kabar mengenai masuknya motor adventure-tourer Zongshen RX3 ke Indonesia mulai bergemuruh nih mas bro… Rencana kehadiran motor itu memang cukup menarik untuk disimak lantaran selama ini belum ada motor adventure-tourer dengan kapasitas mesin 250 cc di Indonesia, sedangkan peminat motor seperti ini cukup banyak asalkan harganya terjangkau. Sekarang motor adventure-tourer paling kecil yang dipasarkan di Indonesia adalah Honda CB500X dengan bandrol harga mencapai Rp 145 juta on the road Jakarta. Ada lagi SOIB Adventure 400 yang dihargai sekitar Rp 75 juta off the road. Paling nggak pasar ini butuh motor yang lebih murah, dan pilihannya adalah dengan mesin 250 cc.

Ada selentingan kabar yang mengatakan bahwa Zongshen RX3 bakal masuk ke Indonesia melalui dua pihak. Pertama melalui ATPM (agen tunggal pemegang merek), sedangkan opsi kedua melalui IU (importir umum). Masing-masing opsi ini punya kelebihan mas bro. Kalau lewat ATPM kemungkinan proses masuknya lebih lama. Banyak pertimbangan dari ATPM, mulai dari peluang memproduksi produk itu secara lokal, mempersiapkan jaringan purna jual, dan masih banyak lagi. Keunggulan produk yang masuk via ATPM ini adalah harga yang berpeluang jauh lebih murah dan dukungan purna jual setidaknya lebih baik.

Bagaimana kalau Zongshen RX3 masuk melalui importir umum? Proses masuknya bisa jauh lebih cepat. Importir umum nggak perlu repot memikirkan perakitan atau produksi di Indonesia karena diimpor secara utuh dari negara asal pun nggak masalah. Lha wong jumlah yang diambil pun kemungkinan nggak banyak, ngapain repot-repot mikirin perakitan produk di Indonesia. Imbasnya, harga produk menjadi lebih mahal. Layanan purna jual agak diragukan, walaupun kadang importir umum juga punya layanan purna jual yang bagus.

Satu yang pasti, motor ini masuk ke Indonesia melalui ATPM atau importir umum tentu saja memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Tinggal kita lihat saja deh nanti pihak mana dulu yang menghadirkan Zongshen RX3. Kalau via ATPM sih kemungkinan belum dalam waktu dekat. Yang nggak kalah menarik untuk disimak adalah bandrol harga. Seru banget kalau Zongshen RX3 dibandrol dengan harga Rp 40 jutaan on the road Jakarta.

Zongshen-RX3-006


Advertisements