• Home »
  • Article »
  • Kabarnya Trial Komponen untuk Motor Trail Honda K84 Sudah Dimulai…

Kabarnya Trial Komponen untuk Motor Trail Honda K84 Sudah Dimulai…



Honda-NXR-160-Bros-002

Kabar yang sebenarnya nggak mengejutkan datang dari pabrikan motor terbesar di Indonesia, Astra Honda Motor (AHM). Dikutip dari blognya Mas Iwan Banaran, disebutkan kalau AHM sudah mulai melakukan trial terhadap komponen calon sosok motor trail yang memiliki kode project K84. Perlu ditegaskan, ini merupakan trial komponen, berupa part-part pretelan dari para vendor yang nantinya akan dirangkai menjadi satu kesatuan utuh sebagai unit motor. Jadi bukan trial motor secara utuh. Artinya, tahap pengembangan motor trail buatan AHM sudah semakin serius.

Indikasi berikutnya adalah motor trail Honda K84 masih tetap sesuai prediksi sebelumnya, yaitu menggunakan mesin yang identik dengan punya Honda Verza. Pemilihan mesin Honda Verza untuk motor trail memang bukan tanpa alasan. Mesin ini dikenal memiliki torsi yang bagus, tangguh, bandel, irit, serta perawatannya mudah dan murah. Terbukti sejumlah motor dual sport maupun motor off road Honda masih menggunakan basis mesin yang mirip seperti Honda Verza, contohnya Honda CRF150F, Honda XR150L, dan Honda NXR 160 Bros. Benar atau tidaknya prediksi ini kita mesti menunggu terlebih dahulu. Atau mungkin AHM mau membuat kejutan dengan menyematkan mesin DOHC milik Honda CB150R atau Honda Sonic 150? Ya kita tunggu saja deh.

Seandainya memang benar motor trail Honda K84 jadi diproduksi massal untuk menghadang laju Kawasaki KLX150 series, menurut pendapat saya sih wujudnya nggak bakal jauh berbeda dengan Honda XR150L di Filipina atau Honda NXR 160 Bros di Brazil. Walaupun saya jauh lebih suka kalau desain Honda K84 itu mirip-mirip seperti Honda CRF150F yang ramping dan tinggi seperti layaknya motor off road murni. Desain seperti Honda CRF150F inilah yang bisa dikatakan bejaban dengan Kawasaki KLX150, bukan seperti Honda XR150L atau Honda NXR 160 Bros. Tapi ini hanya prediksi saja… Semuanya masih abu-abu sampai Honda K84 benar-benar diluncurkan. Kira-kira kapan launching? Sepertinya sih nggak tahun ini mas bro… Mungkin tahun depan?

Honda-XR150L-001


Advertisements