• Home »
  • Article »
  • Spy Shot Yamaha MT-07 Tenere Tersebar… Aura Adventure Bike Begitu Kental!

Spy Shot Yamaha MT-07 Tenere Tersebar… Aura Adventure Bike Begitu Kental!

Yamaha-MT-07-Tenere-001

Kemarin saya baru menulis postingan mengenai Yamaha yang sedang mengembangkan motor adventure-tourer dari basis Yamaha MT-07 (Baca: Yamaha Kembangkan Motor Adventure-Tourer Berbasis MT-07). Awalnya saya heran kenapa autoevolution menyebut motor ini ke dalam keluarga Tenere series, bukan masuk ke dalam keluarga Tracer seperti layaknya Yamaha MT-09 Tracer yang dikembangkan dari basis Yamaha MT-07. Sekarang alasan mengapa motor adventure-tourer baru ini disebut sebagai Yamaha MT-07 Tenere sudah semakin jelas mas bro!

Seperti mas bro ketahui, Tenere merupakan tipe motor adventure-tourer kelas berat yang dimiliki oleh Yamaha. Artinya, Tenere memiliki kemampuan off road yang lumayan baik, namun di sisi lain juga nyaman ketika digunakan di jalan aspal. Itu yang membuat Tenere berbeda dengan Tracer. Kalau Tracer meskipun memiliki desain yang adventure banget, tapi bisa dikatakan tidak memiliki kemampuan off road yang memadai. Tracer hanya cocok digunakan di jalan aspal, sekaligus nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Munculnya spy shot Yamaha MT-07 Tenere di Eropa inilah yang membuat semuanya menjadi semakin jelas. Seperti dilansir oleh Motorcyclist Online dan MCN, sebuah Yamaha MT-07 Tenere atau ada juga yang menyebut dengan Yamaha FZ-07 Tenere sedang diuji coba di sebuah jalanan di Eropa. Memang nggak diketahui dengan pasti lokasi pengetesan. Tapi kalau melihat desainnya, motor tersebut memang sangat layak masuk ke dalam klan Tenere. Kok bisa?

Yups… Dikembangkan dari basis motor naked sport Yamaha MT-07, si Yamaha MT-07 Tenere menggunakan suspensi yang jauh lebih panjang agar siap melibas jalur off road dan menggunakan bodywork khas motor Yamaha yang digunakan pada ajang Rally Dakar. Tidak hanya itu, Yamaha MT-07 Tenere menggunakan ban belakang dengan diameter 18 inch, sedangkan ban depan menggunakan ukuran 21 inch. Dengan ukuran itu, Yamaha MT-07 Tenere benar-benar siap melibas medan off road mas bro. Maklum saja, ban dengan kombinasi ukuran 18-21 inch memang menjadi standar bagi motor off road.

Ada lagi yang berbeda antara Yamaha MT-07 dan Yamaha MT-07 Tenere? Tentu saja masih banyak perbedaannya mas bro. Kemungkinan Yamaha bakal melakukan tuning ulang mesin 689 cc parallel-twin milik Yamaha MT-07 ketika dipasangkan pada Yamaha MT-07 Tenere. Tuning ulang perlu dilakukan karena karakter kedua motor berbeda total. Apalagi Yamaha juga perlu membuat mesin itu comply dengan standar uji emisi Euro 4. Knalpot dibuat menjulang tinggi di sisi kanan seperti layaknya motor trail (off road). Engine guard yang terbuat dari bahan dasar aluminium juga terpasang dengan manis untuk melindungi mesin dari benturan.

Langkah pabrikan Iwata yang mengembangkan Yamaha MT-07 Tenere ini tergolong menarik mas bro. Ketika Honda mengeluarkan motor adventure-tourer yang punya kemampuan off road bagus, yaitu Honda CRF1000L Africa Twin, Yamaha justru melawannya dengan mesin yang lebih kecil (700 cc). Adanya Yamaha MT-07 Tenere ini nanti tentu saja membuat pilihan motor adventure-tourer semakin banyak. Mulai dari kapasitas kecil hingga yang besar ada semuanya. Kira-kira kapan ya Yamaha MT-07 Tenere diluncurkan? Tahun depan kah?

Yamaha-MT-07-Tenere-002


Advertisements