Maxindo Moto Pastikan BMW G 310 R Masuk ke Indonesia

BMW-G-310-R-001

Mas bro… Maxindo Moto Nusantara, distributor resmi produk BMW Motorrad di Indonesia, memastikan kalau motor naked sport dengan kapasitas kecil, BMW G 310 R, bakal masuk ke Indonesia. Maxindo Moto memang belum bisa memastikan kapan BMW G 310 R masuk ke pasar Indonesia. Namun… Indikasinya motor yang merupakan hasil kolaborasi antara BMW Motorrad dan TVS ini kemungkinan baru akan nongol di Tanah Air pada akhir tahun nanti. “(Motor kolaboras) BMW-TVS jujur saya belum dikasih tahu. Tapi pasti akan kita bawa dan berada di bawah kita (Maxindo Moto Nusantara),” kata CEO Maxindo Moto Nusantara Joe Frans, dikutip dari detikOto.

Pengembangan BMW G 310 R memang dilakukan langsung oleh BMW Motorrad mas bro… Akan tetapi, produksi motor dilakukan di pabrik TVS yang berada di India. Bisa jadi langkah itu dilakukan untuk menghemat biaya produksi sehingga bisa menekan harga jual yang berujung harga produk lebih kompetitif dan bisa bersaing melawan para kompetitor. Bukan rahasia lagi biaya SDM di Eropa sudah sangat mahal. Jadi wajar  dan sah-sah saja kalau pabrikan-pabrikan Eropa mulai mengalihkan basis produksi sejumlah produk ke Asia. Sebelumnya KTM juga sudah melakukan hal serupa dengan memproduksi KTM Duke dan RC series yang berkapasitas 125 cc, 200 cc, 250 cc, dan 390 cc di pabrik Bajaj (India).

Walaupun diproduksi oleh TVS di India, Joe Frans memastikan kalau kualitas BMW G 310 R tidak akan kalah dibandingkan dengan produk-produk BMW Motorrad yang diproduksi di Jerman. BMW Motorrad tentu saja nggak mau bermain-main dengan kualitas dan mempertaruhkan nama besarnya. “Memang model ini diproduksi di India, tapi jangan khawatir model ini kontrol kualitasnya langsung dari BMW. Selain itu, kami juga akan mempersiapkan seluruh after salesnya, jadi konsumen tidak perlu khawatir, karena model ini menyandang nama besar BMW Motorrad,” tuturnya lebih lanjut.

Kalau melihat spesifikasinya, BMW G 310 R mengusung mesin satu silinder berkapasitas 313 cc berpendingin cairan yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 34 HP dan torsi 28 Nm. Di kelas ini kemungkinan nanti BMW G 310 R bersaing langsung dengan KTM Duke 390. Di Indonesia sendiri KTM Duke 390 dibandrol dengan harga sekitar Rp 125 juta. Bisa jadi BMW G 310 R juga bakal memiliki bandrol harga di sekitaran itu mas bro… Mahal? Ya memang mahal… Alasannya… Pertama, motor ini sudah dikenakan PPN BM sebesar 60 persen karena kapasitasnya antara 251 cc dan 500 cc. Kedua, motor membawa nama besar BMW Motorrad, sehingga jadi hal yang aneh malahan kalau BMW G 310 R dihargai murah… Terakhir, BMW G 310 R didatangkan secara impor (CBU) ke Indonesia dari India, itupun dalam jumlah yang tidak banyak, membuat motor ini nggak bisa mendapatkan skala ekonomi yang bagus… Kalau masih berminat dengan BMW G 310 R sih bisa ditunggu kehadirannya di kuartal ketiga 2016 nanti…


Advertisements