• Home »
  • Article »
  • Penjualan Trail Viar… Cross X 200 GT Paling Laris, Cross X 250 SE Posisi Kedua!

Penjualan Trail Viar… Cross X 200 GT Paling Laris, Cross X 250 SE Posisi Kedua!


VIAR-Ladies-and-Cross-X-250-SE-001

Mas bro, saat ini Viar sudah menggelontorkan beberapa varian motor trail, mulai dari Viar Cross X 70 MT, Viar Cross X 100 MT, Viar Cross X 150 SF, Viar Cross X 150, Viar Cross X 200 GT, hingga Viar Cross X 250 SE. Varian 70 cc dan 100 cc memang hanya sebagai pelengkap dengan target market untuk motor anak-anak dengan volume penjualan nggak begitu banyak. Apalagi varian 70 cc dan 100 cc hanya dijual dalam bentuk off the road alias tanpa surat-surat.

Backbone penjualan motor trail Viar tentu saja datang dari varian 150 cc (Viar Cross X 150 & Viar Cross X 150 SF) dan 200 cc (Viar Cross X 200 GT) lantaran hanya varian ini saja yang bisa dibeli secara on the road alias lengkap dengan surat-surat, sedangkan varian 250 cc diposisikan sebagai produk flagship yang juga hanya bisa dibeli secara off the road. Namun, ada fakta menarik yang bisa kita gali di sini mas bro… Kira-kira varian mana yang paling laris ya di antara 150 cc, 200 cc, dan 250 cc???

Nah… Area Manager PT Triangle Motorindo untuk wilayah Jawa Timur bagian barat, Pak Harris Pudjo Suprapto, mengatakan kalau motor trail buatan Viar yang paling laris adalah Viar Cross X 200 GT. Lalu siapa yang berada di urutan kedua? Inilah yang paling menarik. Ternyata, Viar Cross X 250 SE yang harganya paling mahal, mencapai Rp 37 jutaan di Jawa Timur, jumlah penjualannya justru lebih kenceng daripada Viar Cross X 150 yang dibandrol Rp 17 jutaan. Unik banget kan market di Indonesia?? Produk lebih murah belum tentu lebih laris. Produk lebih mahal pun bukan berarti nggak dilirik konsumen. Memang sih Pak Harris nggak membeberkan data penjualannya berapa untuk masing-masing tipe… Tapi paling nggak itu bisa jadi gambaran, produk trail Viar yang paling laris adalah Viar Cross X 200 GT, diikuti Viar Cross X 250 SE di posisi kedua, dan Viar Cross X 150 di posisi ketiga.

Fenomena ini memang tergolong menarik. Viar Cross X 250 SE hanyalah motor hobi yang cuma bisa dipakai untuk off road saja karena nggak dilengkapi dengan STNK, TNKB, dan BPKB dalam penjualannya. Harga Viar Cross X 250 SE tergolong paling mahal dari seluruh lineup motor trail Viar, belinya pun harus cash alias nggak bisa kredit, tapi tetep laris!! Saya amat yakin penjualan Viar Cross X 250 SE bisa lebih melambung lagi kalau dibuat versi on the road (dengan surat-surat). Why? Dengan adanya surat-surat, motor bisa dibeli secara kredit lantaran ada BPKB yang menjadi jaminan pihak leasing. Calon konsumen yang menginginkan Viar Cross X 250 SE sebagai kendaraan harian layaknya motor dual purpose pun bisa membelinya, sehingga target market menjadi lebih besar. Rencana untuk membuat Viar Cross X 250 SE road legal memang sudah ada, tapi sampai sekarang produk itu belum muncul juga. Terakhir saya mendapatkan kabar kalau Viar Cross X 250 SE road legal masih dalam tahap development dan berupaya lolos uji tipe di instansi terkait, di mana negara ini sekarang menerapkan standar uji emisi Euro 3 untuk motor-motor baru. Kita tunggu saja deh gebrakan dari Viar selanjutnya!

VIAR-Cross-X-250-021


Advertisements