• Home »
  • Article »
  • Renderan Motor Adventure-Tourer Berbasis BMW G 310 R… Garang Banget!!!

Renderan Motor Adventure-Tourer Berbasis BMW G 310 R… Garang Banget!!!


BMW-F-310-GS-001

BMW Motorrad diketahui sedang mengembangkan motor adventure-tourer kecil berbasis dari motor naked sport BMW G 310 R. Kabar itu sempat dilontarkan oleh Direktur BMW Motorrad Inggris Phil Horton, dan dia pun mengatakan kalau motor adventure-tourer kecil ini akan diperkenalkan kepada publik pada tahun 2017 mendatang. Memang belum diketahui apa nama yang disandang motor adventure-tourer baru tersebut. Ada yang menyebutnya dengan BMW GS 310 R dan ada pula yang memberikan nama BMW F 310 GS… Mana yang benar? Tentu saja kita mesti menunggu sampai ada pengumuman lebih lanjut dari BMW Motorrad.

Saat wujud BMW GS 310 R alias BMW F 310 GS belum nongol, media otomotif asal India, RushLane, sudah mendapatkan kiriman gambar hasil olah digital (render-an) motor itu mas bro… Renderan yang dipublikasikan oleh RushLane memang sangat keren… Motor adventure-tourer bikinan BMW Motorrad digambarkan dengan desain angker dan sangar seperti layaknya BMW GS series. Pada dasarnya renderan itu masih menggunakan mesin dan sasis dari BMW G 310 R, mengandalkan mesin satu silinder berkapasitas 313 cc yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 34 HP. Namun, baju BMW F 310 GS pada renderan itu dibuat menyerupai BMW F 700 GS. Headlamp khas BMW GS series dengan model asimetris, ada windscreen, dan fairing yang menutup mesin membuat kesan padat, nggak terlihat kopong sama sekali. Untiknya, knalpot dibuat di sebelah kiri mas bro, bukan di sebelah kanan! Asli iman goyah kalau melihat motor kayak gini… Bikin ngiler banget… Berharap aja harganya masuk akal nantinya yah…

Kehadiran BMW GS 310 R alias BMW F 310 GS memang sangat layak dinantikan mas bro… Kemungkinan motor baru ini bakal bersaing langsung dengan KTM 390 Adventure yang juga belum meluncur ke pasaran meskipun beritanya sudah semakin santer terdengar. Menariknya lagi, BMW GS 310 R/BMW F 310 GS bakal diproduksi di plant TVS yang berada di India. Kasusnya sama persis dengan BMW G 310 R yang juga diproduksi oleh TVS, walaupun riset dan pengembangan produk dilakukan sendiri oleh BMW Motorrad. Dengan diproduksi di India, paling nggak masih ada harapan harga motor ini bisa lebih terjangkau mas bro… Paling nggak harganya bersaing dengan KTM 390 Adventure yang sama-sama diproduksi di India, tepatnya di plant Bajaj. Untuk sementara waktu, kita masih menantikan launching BMW G 310 R di Indonesia. Katanya BMW G 310 R akan melenggang di pasaran Indonesia bersama Maxindo Moto Nusantara (distributor BMW Motorrad di Indonesia) sebelum akhir tahun 2016.


Advertisements