Kenalan dengan Keempat Rider Viar Jelajah Indonesia Timur (VJIT)


Rider-Viar-Jelajah-Indonesia-Timur-001

Kemarin, Minggu (1/5/2016), empat orang rider memulai perjalanan yang bertajuk Viar Jelajah Indonesia Timur (VJIT). Mereka bakal riding menggunakan motor trail Viar Cross X 200 GT selama satu bulan penuh mas bro, dari Bali ke Nusa Tenggara Barat hingga sampai Nusa Tenggara Timur. Beberapa kota besar akan disinggahi oleh empat rider Viar Jelajah Indonesia Timur, meliputi Lombok, Sumbawa, Flores, Larantuka, Lembata, Pantar, Alor, Atambua, selanjutnya finish lagi di Bali pada 31 Mei 2016 (Baca: Empat Rider Siap Jelajah Indonesia Timur dengan Viar Cross X 200 GT!).

Keempat rider yang bergabung ke dalam ekspedisi Viar Jelajah Indonesia Timur itu antara lain Jenni Jean, Uhi Herlia, Colin Williams, dan Deni Sugandi. Mereka adalah rider-rider senior yang sudah banyak malang-melintang di berbagai event off road nasional. Rencananya, mereka akan mengeksplor keindahan alam dan budaya Indonesia, sekaligus memperkenalkan motor trail Viar Cross X 200 GT kepada komunitas-komunitas dan masyarakat di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Sekarang nggak ada salahnya kalau kita melihat profil mereka untuk mengenal lebih dekat para rider Viar Jelajah Indonesia Timur…

Jenni Jean (Leader)

Wanita yang memiliki nama lengkap Jenni Tjandra ini lahir dan besar di Bandung… Dalam perjalanan Viar Jelajah Indonesia Timur, wanita yang suka dengan kegiatan diving dan mulai suka pada dunia off road roda dua sejak tahun 2009 ini berperan sebagai team leader. Si teteh Jenni bergabung dengan klub Trail Adventure Bandung Association (Trabas) pada tahun 2011. Kemudian namanya banyak dikenal karena seringkali masuk ke dalam media cetak dan elektronik sebagai narasumber maupun liputan tentang female enduro rider. Sejumlah penghargaan pun sudah diraih oleh si teteh Jenni, seperti rekor MURI bersama dengan Viar Jelajah Indonesia dan penghargaan IMI Award dalam kategori “The Best Female Enduro” untuk tahun 2013 dan 2015.

Rider-Viar-Jelajah-Indonesia-Timur-Jenni-Jean-001

Uhi Herlia (Navigator)

Mang Uhi… Begitu namanya dikenal di kalangan off roader nasional… Beliau termasuk sesepuh di dunia off road karena pernah membentuk komunitas penggemar off road roda dua pada tahun 1980, yang kemudian menjadi cikal bakal klub trail adventure pertama di Indonesia, yaitu Trabas. Sampai kini Mang Uhi pun masih aktif di klub Trabas. Selain itu, pada tahun 1990-an, Mang Uhi pernah ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan komunitas off road adventure setempat dan mencoba jalur-jalur off road yang biasa menjadi santapan para off roader Amerika Serikat itu. Melakukan ekspedisi jarak jauh menggunakan motor bukan hal yang baru lagi bagi Mang Uhi. Pasalnya, beliau pernah menuntaskan perjalanan ke Indonesia Timur sebanyak enam kali sejak tahun 2008 sampai 2015. Kini Mang Uhi kembali dipercaya sebagai salah satu anggota tim Viar Jelajah Indonesia Timur dengan tugas sebagai navigator.

Rider-Viar-Jelajah-Indonesia-Timur-Uhi-Herlia-001

Colin Williams (Sweeper & Mechanic)

Pria yang lahir di Inggris ini mulai masuk klub Trabas sejak tahun 2000 dan terus aktif mengikuti berbagai kegiatan adventure yang dilakukan oleh klub Trabas. Dalam perjalanan Viar Jelajah Indonesia Timur, Colin dipercaya sebagai sweeper sekaligus mechanic… Alasannya simple… Dia memiliki background sebagai ahli mekanik, sehingga menjadi salah satu orang yang diandalkan oleh klub dalam berbagai kegiatan off road. Sejak tahun 2008 Colin pernah melakukan ekspedisi ke Sumatera, Indonesia Timur, hingga Timor Leste dengan start dari Jawa. Sekarang, Colin merasa betah tinggal di Indonesia dan menganggap Indonesia sebagai tanah kelahirannya yang kedua…

Rider-Viar-Jelajah-Indonesia-Timur-Colin-William-001

Deni Sugandi (Documenter)

Deni mulai aktif di dunia off road nasional ketika bergabung dengan klub Trabas pada tahun 1994. Kecintaannya akan alam membuatnya fokus dalam mendokumentasikan alam bebas sejak tahun 1998. Pada tahun 1999, Deni pernah mengikuti ekspedisi British World Challenge di Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai. Lalu, pada tahun 2000, pria yang bekerja sebagai dosen fotografi di salah satu universitas ternama di Bandung ini sempat menjadi asisten pendokumentasian Sumatera Overland, National Geographic Society, untuk fotografer dan pendokumentasian film dokumenter National Geographic. Pada tahun 2014-2015, Deni Sugandi ikut dalam ekspedisi Viar Jelajah Indonesia Timur, dan kini pada tahun 2016 kembali mengisi kursi pada ekspedisi Viar Jelajah Indonesia Timur (VJIT) dengan tugas sebagai documenter.

Rider-Viar-Jelajah-Indonesia-Timur-Deni-Sugandi-001

Gimana mas bro, sudah kenal kan dengan para rider Viar Jelajah Indonesia Timur? Sekarang kita tunggu saja deh reportase dan foto-foto mereka ketika menjelajah Indonesia Timur. Kemungkinan reportasenya bakal diupdate seminggu sekali. Maklum saja, agak sulit membuat reportase secara live, karena seringkali nggak dapat sinyal dalam perjalanan. Pantau terus perjalanan Viar Jelajah Indonesia Timur di Adventuriderz.com ya!!


Advertisements