• Home »
  • Article »
  • BMW Motorrad Rupanya Sempat Produksi Dirt Bike, Namanya BMW G 450 X…

BMW Motorrad Rupanya Sempat Produksi Dirt Bike, Namanya BMW G 450 X…



BMW-G-450-X-004

Kalau mendengar nama brand motor asal Jerman, BMW Motorrad, secara refleks otak akan langsung melayang memikirkan motor adventure-tourer kelas berat, yaitu BMW R 1200 GS, meskipun BMW Motorrad juga punya varian motor lain, termasuk motor dengan tipe tourer, superbike, naked sport, hingga scooter gambot. Namun ternyata nih mas bro, BMW Motorrad juga pernah memproduksi dirt bike, salah satunya adalah BMW G 450 X, pada tahun 2009 silam…

Varian dirt bike dari BMW Motorrad memang nggak populer seperti halnya produk keluaran pabrikan Eropa lainnya seperti KTM, Husaberg, Husqvarna, atau Gas Gas di masa itu. Namun, sejarah dirt bike buatan BMW Motorrad tentu saja nggak boleh dilupakan begitu saja. Memang seperti apa sih rupa dan spesifikasi dirt bike BMW G 450 X? Monggo disimak saja bahasannya berikut ini melalui berbagai sumber, termasuk Motorcycle.com.

Kalau mas bro melihat tampangnya, desain BMW G 450 X ini tergolong sangat keren dan tidak lekang dimakan usia. Meskipun sudah ada sejak tahun 2008-2009, tapi desain BMW G 450 X tetap mempesona, nggak kalah modern dibandingkan dengan dirt bike lainnya yang dikeluarkan pada tahun 2016 sekalipun. Mengandalkan sasis model tubular dan suspensi depan upside down, sosok BMW G 450 X terlihat ramping dan sangat jangkung. Coba perhatikan deh ground clearance alias jarak antara mesin ke tanah, tinggi banget kan?

BMW-G-450-X-001

Kalau diperhatikan lebih detail, ada keunikan pada BMW G 450 X itu mas bro… Front fender alias spakbor depan terlihat menyatu dengan headlamp. Rasanya sekarang nggak ada deh produsen dirt bike yang mengaplikasikan model front fender seperti ini. Kemudian suspensi belakang yang berupa mono shock itu juga terlihat lebih selonjoran, nggak nyaris tegak lurus seperti dirt bike pada umumnya… Kira-kira apa untungnya ya menggunakan suspensi belakang yang nyaris tidur seperti itu? Apa membuat feel suspensi belakang menjadi lebih empuk? Pertanyaan yang agak susah dijawab kalau nggak mencobanya secara langsung…

Terus gimana dengan bagian mesin? BMW Motorrad cukup serius menggarap mesin BMW G 450 X. Motor ini dilengkapi dengan mesin berteknologi mutakhir dengan kapasitas 449 cc satu silinder, DOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin cairan. Dengan mengandalkan sistem pembakaran injeksi, mesin BMW G 450 X mampu mengeluarkan tenaga maksimal 51 HP dan torsi 43 Nm. Tenaga itu tentu nggak bisa dibilang kecil untuk ukuran dirt bike. Bahkan kalau dibandingkan dengan motor model terbaru sekarang ini, tenaga BMW G 450 X hanya kalah tipis melawan Husqvarna FE 450 atau KTM 450 EXC yang mencapai 53 HP… Sayangnya umur BMW G 450 X memang nggak lama mas bro… BMW Motorrad memutuskan tidak memproduksi lagi varian dirt bike sejak tahun 2011 dan lebih fokus mengembangkan motor-motor berkapasitas besar… So, kurang lebih usia BMW G 450 X hanya tiga tahun (2008-2011).

BMW-G-450-X-003


Advertisements