• Home »
  • Article »
  • Kawasaki D-Tracker X Raih Penghargaan “The Best Sport Supermoto 2016”

Kawasaki D-Tracker X Raih Penghargaan “The Best Sport Supermoto 2016”


Kawasaki-DTracker-X-250-001

Pada OTOMOTIF Award 2016, tabloid OTOMOTIF membuka dua kelas penghargaan baru, yaitu “The Best Sport Dirt Bike” dan “The Best Supermoto”. Langkah itu dilakukan untuk mengakomodasi semakin berkembangnya segmen motor trail (dirt bike) dan supermoto di Indonesia. Menariknya, dua kelas yang baru dibuka itu langsung disabet penuh oleh Kawasaki mas bro… Penghargaan The Best Dirt Bike dalam OTOMOTIF Award 2016 jatuh kepada Kawasaki KLX150 BF… Lalu, siapa yang mendapatkan penghargaan sebagai “The Best Supermoto 2016”?

Rupanya OTOMOTIF memberikan penghargaan The Best Supermoto 2016 kepada Kawasaki D-Tracker X mas bro… Sebenarnya tidak begitu mengherankan kalau Kawasaki D-Tracker X bisa mendapatkan penghargaan The Best Supermoto 2016. Persaingan yang amat sangat minim membuat Kawasaki D-Tracker X melenggang dengan mudah mengantongi penghargaan. Pasalnya, dalam nominasi itu Kawasaki D-Tracker X hanya perlu melawan adiknya yang menggunakan mesin 150 cc, Kawasaki D-Tracker.

Tentu saja bukan hal yang sulit memilih mana yang lebih baik antara Kawasaki D-Tracker dan Kawasaki D-Tracker X… Kawasaki D-Tracker X dikembangkan dari basis sasis dan mesin yang sama persis dengan Kawasaki KLX250S, namun bedanya Kawasaki D-Tracker X menggunakan ban tipe street. Begitupula dengan Kawasaki D-Tracker, dibuat dari basis yang sama persis dengan Kawasaki KLX150 BF, yang membedakan hanya pada bagian ban. Walaupun desainnya lebih usang, tapi praktis sebagai kendaraan jalan raya Kawasaki D-Tracker X lebih unggul lantaran menggunakan mesin yang lebih besar, 250 cc satu silinder, DOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin cairan. Kapasitas mesin yang lebih besar membuat power Kawasaki D-Tracker X pun jauh lebih besar, mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan Kawasaki D-Tracker… Pertimbangan lain OTOMOTIF memberikan kemenangan kepada Kawasaki D-Tracker X karena menggunakan speedometer full digital yang lebih futuristis!!

Kelas Sport Dirt Bike dan Sport Supermoto dalam OTOMOTIF Award 2016 memang masih sepi nominasi… Ya itu nggak aneh sih, lha wong pemain di kedua segmen itu masih sangat minim. Yang ikut nominasi di kelas Sport Dirt Bike hanya tiga motor (Kawasaki KLX150 BF, Kawasaki KLX250S, dan Viar Cross X 250 SE), sedangkan di kelas Sport Supermoto malah hanya ada dua motor saja (Kawasaki D-Tracker dan Kawasaki D-Tracker X). Mudah-mudahan di ajang penghargaan yang sama nominasinya jadi lebih banyak, biar lebih seru. Apalagi Viar dikabarkan sedang mengembangkan Viar Cross X 250 road legal dengan tipe supermoto, sementara¬†Astra Honda Motor (AHM) bakal mengeluarkan motor trail dengan kode project Honda K84. Berharap saja kedua motor ini benar-benar diluncurkan…

Kawasaki-D-Tracker-X-Final-Edition-001


Advertisements