• Home »
  • Article »
  • TVS Sudah Punya Konsep Motor Trail 300 cc, Akankah Diproduksi Massal??

TVS Sudah Punya Konsep Motor Trail 300 cc, Akankah Diproduksi Massal??

TVS Apache 300 FX

Bagi sebagian besar orang Indonesia mengenal TVS merupakan pabrikan asal India yang getol memproduksi motor sport melalui jajaran Apache series, meskipun TVS juga memproduksi motor bebek sih. Apalagi kalau di India sana, TVS pun memasarkan motor skutik. Namun siapa yang menyangka, ternyata TVS sudah mempunyai konsep motor trail lho. Lebih menarik lagi karena konsep motor trail TVS memiliki kapasitas mesin yang besar, masuk di kelas 300 cc! Memang seperti apa konsep motor trail dari TVS?

TVS Apache 300 FX… Itulah nama motor konsep yang pernah dipamerkan oleh TVS pada tahun 2014. Desain TVS Apache 300 FX tergolong cakep juga mas bro, tapi kalau diperhatikan lebih detail mirip seperti motor buatan Perancis, Sherco 300 SEF-R. Mulai dari sasis sampai bodywork terlihat identik. Mungkin kedua pabrikan memang ada kerjasama mas bro. Contohnya saat Rally Dakar 2016 lalu, TVS dan Sherco berkolaborasi mengikuti salah satu ajang balap off road paling ekstrem tersebut.

Sherco 300 SEF-R

Sherco 300 SEF-R

Bagaimana dengan sektor mesin? Ini yang sedikit berbeda. Kalau Sherco 300 SEF-R mengandalkan mesin berkapasitas 303,68 cc, TVS Apache 300 FX pakai mesin 290,1 cc, walaupun sama-sama mesin satu silinder, DOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin radiator. Menariknya, mesin 290,1 cc milik TVS Apache 300 FX itu mampu menghantarkan power sebesar 45 PS di putaran mesin 12.000 rpm, sementara torsi hang dihasilkan mencapai 34 Nm di putaran mesin 9.500 rpm. Bengis juga ya?

TVS-Apache-RTR-300-FX1

Yah namanya juga masih sebatas motor konsep, belum jelas betul apa tipe motor yang bakal diusung oleh TVS Apache 300 FX. Kalau melihat fisiknya yang masih trondol tanpa lampu depan dan belakang, bisa saja masuk ke segmen motocross. Tapi ketika nanti ditempel headlamp dan tail ligth sudah bisa menjadi motor enduro. Meskipun demikian, jauh lebih masuk akal kalau TVS Apache 300 FX terjun ke segmen motor enduro. Kapan meluncur ke pasaran? Sejak diperkenalkan dua tahun lalu sampai sekarang masih belum ada tanda-tanda TVS bakal memproduksi massal motor ini. Kayaknya TVS masih terus fokus melakukan development dengan menggandeng Sherco sebelum benar-benar mengeluarkan produk berupa motor trail, baik itu tipe dual sport maupun enduro. Semoga saja dalam waktu yang nggak terlalu lama sudah ada motor trail yang dipasarkan dengan label TVS!

TVS-Apache-RTR-300-FX-2


Advertisements