Gas Gas Resmi Umumkan Tiga Model Motor Enduro, Semuanya 2-Stroke!


gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_6

Resmi sudah… Brand motor asal Spanyol, Gas Gas, mengumumkan tiga lineup motor enduro yang rencananya akan dipasarkan mulai tahun 2017 mendatang mas bro. Tidak menyimpang dari artikel yang pernah saya publish beberapa bulan lalu, ketiga motor enduro yang menjadi andalan Gas Gas antara lain Gas Gas EC 200 Racing, Gas Gas EC 250 Racing, dan Gas Gas EC 300 Racing. Menariknya, ketiga motor itu masih mengandalkan mesin tipe 2-stroke!

Ketiga motor enduro itu sekaligus menandai era baru bagi Gas Gas. Bukan rahasia lagi kalau Gas Gas sempat dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Gerona setahun yang lalu karena tidak mampu membayar utang yang nilainya mencapai puluhan juta dollar. Beruntung sekali akhirnya Gas Gas diselamatkan sesama perusahaan Spanyol, Torrot, sehingga bisa beroperasi dan memproduksi kembali produknya mulai bulan April 2016 lalu, tentu saja dengan strategi baru yang sudah disiapkan oleh pemegang saham baru.

Untuk memproduksi Gas Gas EC 200 Racing, Gas Gas EC 250 Racing, dan Gas Gas EC 300 Racing, sepertinya Gas Gas nggak mau ambil pusing. Pasalnya, ketiga motor memiliki platform sama, sehingga secara desain sama persis, sasis sama, suspensi sama, dan berbagai fitur serta printilan lainnya dipastikan tidak menyimpang. Kalau ada perbedaan itu jelas dari sisi kapasitas mesin. Persisnya ketiga motor menggunakan kapasitas mesin 199,4 cc, 249,3 cc, dan 299,3 cc yang dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan dan kopling basah multi-disc.

Pada bagian frame alias sasis, Gas Gas memilih menggunakan bahan Chromoly dengan model perimeter, sementara sub-frame yang berbentuk tubular memakai bahan dasar aluminium. Frame ini kemudian disandingkan dengan bodywork dari bahan plastik yang nggak bisa pecah. Sudah jelas dong motor enduro sering dipakai gulung-gulung maupun jungkir balik, jadi materialnya juga harus kuat. Suspensi depan motor enduro dari Gas Gas menganut tipe upside down buatan Marzocchi berdiameter 48 mm, sedangkan suspensi belakang mono shock memakai merek Reiger. Rim merek Excel, kaliper rem dari Nissin, dan rotor buatan Galfer juga sudah menjadi standar bagi motor enduro Gas Gas.

Sampai sekarang memang masih belum ada pengumuman berapa bandrol harga ketiga motor enduro dari Gas Gas tersebut. Harga mungkin akan diumumkan kemudian mas bro. Untuk sementara waktu, Gas Gas hanya berharap bisa memproduksi dan menjual 1.000 unit motor saja untuk menjaga kelangsungan proses produksi, dengan harapan nantinya bisa memiliki pondasi yang kuat sebelum mengembangkan lineup motor lainnya di masa depan. Motor-motor enduro Gas Gas sendiri sudah mulai diproduksi sejak awal Mei 2016, sementara lineup motor trial yang diisi oleh Gas Gas TXT 300 Racing diproduksi sejak April 2016. Ntah mulai kapan waktu pasti motor-motor itu dilempar ke pasaran… Tapi paling nggak sekarang kita bisa bilang, welcome back Gas Gas!

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_1

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_2

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_4

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_5

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_7

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_8

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_9

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_10

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_11

gas-gas-reveals-the-2017-enduro-line-up-back-to-life-with-three-bikes_12


Advertisements