• Home »
  • Article »
  • Ssssttttt… Ada Kabar: Viar Bakal Perkenalkan Zongshen RX3 Dalam Waktu Dekat!

Ssssttttt… Ada Kabar: Viar Bakal Perkenalkan Zongshen RX3 Dalam Waktu Dekat!


Zongshen-RX3-004

Kayaknya nggak perlu ditutup-tutupi lagi deh ya mas bro… Brand motor lokal yang punya pabrik di Semarang, Viar Motor Indonesia, memang tertarik memboyong motor adventure-tourer bermesin 250 cc asal Tiongkok, Zongshen RX3, ke Indonesia. Bahkan prototipe motor yang disebut sebagai Zongshen ZS250GY-3 di negara asalnya itu sudah ada di pabrik Viar, Semarang. Sekarang ada update kabar terbaru nih mengenai Viar dan Zongshen RX3. Penasaran?

Jadi ada selentingan kabar yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com kalau dalam waktu yang tidak lama lagi Viar bakal memperkenalkan Zongshen RX3 di Indonesia. Kemungkinan Zongshen RX3 diperkenalkan saat Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2016 nanti mas bro… Perlu diingat, ini baru sekedar pengenalan saja… Bukan peluncuran (launching) produk. Di tahap ini Viar sekedar ingin melihat animo publik ketika Zongshen RX3 diperkenalkan nanti. Jika memang animo publik bagus, bukan nggak mungkin Viar benar-benar menjual Zongshen RX3 di Indonesia demi memenuhi kebutuhan para rider yang haus akan motor adventure-tourer nyaman untuk perjalanan jarak jauh, tangguh buat on road dan off road, sekaligus harganya terjangkau. Sayangnya sang sumber masih belum tahu apa nama Zongshen RX3 di Indonesia ketika dijual oleh Viar. Mungkin jawabannya bisa diketahui di PRJ 2016 nanti…

Oh ya… Kalau misalnya Zongshen RX3 benar-benar dijual di Indonesia, motor itu nggak diimpor secara utuh (CBU) kok mas bro, melainkan secara terurai (CKD) seperti produk-produk Viar yang lainnya, misal Viar Cross X 250 SE. Part-part yang bisa dibuat secara lokal pun bakal diproduksi secara mandiri maupun dari vendor-vendor lokal. Saat ini tim R&D Viar sedang melakukan riset untuk mengetahui part-part apa saja yang memungkinkan dibuat di Indonesia serta menguji ketahanan unit prototipe yang sudah didatangkan.

Jadi gimana mas bro, tertarik nggak seandainya Zongshen RX3 dijual di Indonesia oleh Viar? Sebagai gambaran, Zongshen RX3 menggunakan mesin Zongshen NC250 yang berupa mesin satu silinder 249,6 cc SOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin cairan yang dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan. Motor dengan bobot 175 kg ini memiliki power 24,8 HP/9.000 rpm dan torsi sebesar 22,5 Nm/7.000 rpm. Bahkan untuk advance version, Zongshen RX3 hadir lengkap dengan pannier box, baik itu di samping maupun di atas!

Zongshen-RX3-003


Advertisements