Renderan Yamaha MT-07 Tenere… Kok Keren Ya??

Yamaha-MT-07-Tenere-003

Yamaha memang dirumorkan sedang mengembangkan motor adventure-tourer kelas menengah menggunakan basis dari Yamaha MT-07. Motor ini disebut-sebut sebagai Yamaha MT-07 Tenere… Lho kan sudah ada Yamaha MT-07 Tracer? Betul sekali… Meskipun sama-sama mengadopsi platform Yamaha MT-7, tapi ada perbedaan yang sangat signifikan antara Yamaha MT-07 Tracer dan Yamaha MT-07 Tenere. Kita bahas yuk!

Jadi bisa dikatakan Yamaha MT-07 Tracer yang sudah diluncurkan lebih dahulu oleh Yamaha itu masuk ke dalam kategori motor adventure-tourer yang tidak memiliki kemampuan off road. Di lain pihak, Yamaha MT-07 Tenere dalam renderan yang dikeluarkan oleh autoevolution digambarkan memiliki tubuh lebih jangkung, ground clearance tinggi, memakai velg jari-jari, diameter rim kombinasi 18-21 inch, pakai ban dual purpose, dan knalpot menjulang tinggi di bagian samping kanan layaknya dirt bike… Dari penampilannya itu saja kita sudah bisa menilai kalau Yamaha MT-07 Tenere memiliki kemampuan off road yang jauh lebih memadai ketimbang Yamaha MT-07 Tracer. Apalagi nama Tenere sendiri sudah lekat dengan motor adventure-tourer Yamaha yang mempunyai kemampuan off road bagus!

Nah, autoevolution menyebut Yamaha MT-07 Tenere sangat mungkin diperkenalkan dalam pameran otomotif di Cologne atau Milan pada tahun ini. Memang sangat menarik ditunggu kehadiran Yamaha MT-07 Tenere ini. Sekaligus ini menjadi kecerdikan Yamaha yang bisa mengembangkan motor modular. Artinya dari satu platform bisa dibangun menjadi beberapa tipe motor. Dari basisnya Yamaha MT-07, sudah menjalar menjadi Yamaha XSR700 (retro classic), Yamaha MT-07 Tracer (adventure-tourer on road bias), dan Yamaha MT-07 Tenere (adventure-tourer off road bias).

Yamaha-MT-07-Tenere-001


Advertisements