• Home »
  • Article »
  • Akhirnya Nongol Juga Wujud Motor Adventure-Tourer 250 cc dari Viar…

Akhirnya Nongol Juga Wujud Motor Adventure-Tourer 250 cc dari Viar…



Viar-Zongshen-RX3-001

Rencana Viar Motor Indonesia yang ingin menghadirkan motor adventure-tourer dengan kapasitas mesin 250 cc bukan hanya sekedar rumor ataupun selentingan kabar belaka mas bro, melainkan sudah memasuki tahap serius… Di postingan-postingan terdahulu saya memang sempat mengumbar rumor mengenai kehadiran Zongshen RX3 melalui Viar, tapi sekarang rumor itu sudah semakin mendekati kenyataan. Kok bisa?

Bersumber dari blog Mas Iwan Banaran, sudah terpampang nyata Viar sedang menguji sosok Zongshen RX3 atau kalau di Amerika Serikat namanya Cyclone RX3. Dalam foto itu terlihat jelas Zongshen RX3 berkelir merah ditempeli plat putih yang menandakan kalau motor sedang diuji coba. Plat nomor yang terpasang itu sendiri menggunakan kode “H”, yang artinya motor diuji coba di sekitar Semarang, Jawa Tengah. Ya itu memang nggak mengagetkan karena Viar sendiri memiliki pabrik di kawasan Bukit Semarang Baru, Semarang, dan pusat R&D produk juga ada di sana…

Menariknya lagi, sama seperti Zongshen RX3 di luar sana, unit yang sedang diuji oleh Viar terpasang pannier box di samping kanan-kiri dan bagian atas. Lengkap sudah motor ini akan menjadi teman petualangan yang seru karena bisa sedikit diajak bermain off road dan nyaman untuk digunakan ketika menempuh perjalanan jarak jauh… Soal mesin, secara arsitektur mungkin mirip seperti Viar Cross X 250 SE. Toh Viar Cross X 250 SE juga menggunakan mesin buatan Zongshen… Paling settingannya saja nanti yang berbeda karena antara Zongshen RX3 dan Viar Cross X 250 SE memiliki karakter yang sangat berbeda… Kurang lebih mesin punya Zongshen RX3 memiliki power sekitar 24 HP dengan kecepatan maksimal sekitar 120 km/jam.

Sampai saat ini Viar memang belum memberikan nama terhadap sosok calon motor adventure-tourer 250 cc ini. Ya untuk sementara waktu bisa kita sebut dengan nama aslinya lah, Zongshen RX3… Terus kapan launching? Untuk masalah yang satu ini sepertinya masih belum ada kepastian mas bro… Info terbaru yang saya dapatkan, Viar bakal memperkenalkan terlebih dahulu Zongshen RX3 kepada publik di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2016 nanti… Jika memang animo publik bagus, bukan nggak mungkin Zongshen RX3 melenggang di Tanah Air. Namun jika tidak, ya bukan nggak mungkin Viar bakal memendam rencana peluncuran Zongshen RX3.

Zongshen-RX3-007


Advertisements