• Home »
  • Event »
  • VJIT Minggu Ketiga: Mencapai Perbatasan Indonesia – Timor Leste

VJIT Minggu Ketiga: Mencapai Perbatasan Indonesia – Timor Leste


Jenni Jean di Watu Sape, Riung, NTT

Mas bro… Nggak terasa ekspedisi Viar Jelajah Indonesia Timur (VJIT) sudah melewati minggu ketiga. Pada minggu pertama tim VJIT yang digawangi oleh empat orang rider, yaitu Jenni Jean, Uhi Herlia, Colin Williams, dan Deni Sugandi fokus jumpa komunitas, sedangkan di minggu kedua mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Flores, bagaimana dengan cerita perjalanan mereka di minggu ketiga?

Dalam rilis yang diterima oleh newsroom Adventuriderz.com, rupanya di minggu ketiga ini tim VJIT masih mengandalkan motor trail Viar Cross X 200 GT melakukan perjalanan menuju Timor Leste, negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di sisi Nusa Tenggara Timur. Saat itu tim VJIT harus menempuh perjalanan selama 14 jam dari Alor menuju Kupang. Perjalanan dari Alor ke Kupang ini nggak riding mas bro, melainkan menggunakan jasa penyeberangan kapal laut. Kemudian tim menelusuri Soe menuju Kefa sebelum akhirnya tiba di Wini.

Sebelum masuk ke wilayah Timor Leste, tentu saja keempat rider VJIT perlu mengurus berbagai perizinan di kantor Imigrasi. Setelah itu barulah mereka bisa masuk ke negara yang dulunya bagian dari Indonesia tersebut. Tim VJIT nggak mengeksplor banyak di Timor Leste. Mereka hanya riding sejauh 5 km dari perbatasan untuk merasakan bagaimana suasana di Timor Leste. Setelah cukup puas, mereka langsung kembali masuk ke wilayah Indonesia. Sayangnya perjalanan mereka nggak berjalan mulus. Kenapa? Perangkat GPS mengalami gangguan dan mereka tersesat kemudian baru menemukan jalan kembali setelah menempuh 460 km.

Nah, menurut tim leader VJIT Jenni Jean, perjalanan di minggu ketiga tergolong yang paling melelahkan dibandingkan dengan perjalanan di minggu pertama dan kedua. Setidaknya mereka perlu menempuh jarak 1.100 km di minggu ketiga ini. “Walaupun letih, kami tetap bersemangat karena ini merupakan pengalaman pertama kami dan merupakan tantangan bagi kami untuk dapat menyelesaikan perjalanan,” ujarnya.

Batugamping di perjalan Wini-Mota'ain, Timor Timur Utara, NTT

Colin Williams di Sambi Nasi, Riung, NTT

Di Oebobo, Kupang menuju Soe

Di titik pandang Oesoko, Timor Timur Utara, NTT

Di titik pandang Soe, ke arah selatan Kupang bersama warga Kupang

Kantor Imigrasi Batugede, RDTL


Advertisements