Berapa Harga Ideal Motor Adventure-Tourer 250 cc Dari Viar?

Zongshen-RX3-003

Mas bro… Viar diketahui sedang melakukan tes terhadap motor prototipe 250 cc dengan tipe adventure-tourer. Motor yang sedang diuji coba oleh Viar itu bisa dikatakan identik dengan Zongshen RX3 atau kalau di Amerika Serikat disebut sebagai Cyclone RX3. Rencananya motor ini akan diperkenalkan kepada publik pada saat Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2016 yang dimulai pada bulan ini. Terus kalau misalnya nanti jadi diluncurkan, berapa ya harga yang ideal untuk Viar Zongshen RX3?

Pada bagian mesin, kayaknya Zongshen RX3 ini mirip dengan Viar Cross X 250 SE. Toh penyuplai mesin Viar Cross X 250 SE juga Zongshen kok. Walaupun mesin sama tapi settingan jelas beda. Alasannya ya karena tipe motornya beda, fungsinya juga beda. Yang satu motor adventure-tourer (Zongshen RX3), sedangkan satunya lagi pure motor off road. Jika Viar Cross X 250 SE saja dijual dengan harga Rp 35 juta off the road, bukan nggak mungkin Zongshen RX3 nanti dijual oleh Viar dengan harga Rp 40 jutaan on the road.

Kenapa kok Zongshen RX3 bisa lebih mahal? Tentu saja karena motor ini dijual dalam bentuk on the road agar legal digunakan di jalan raya alias dilengkapi dengan surat-surat (STNK, TNKB, BPKB). Untuk menerbitkan surat-surat itu butuh biaya yang nggak sedikit. Misalnya saja untuk bea balik nama (BBN) biasanya dipatok 10-20 persen dari harga faktur, tergantung kebijakan dari masing-masing daerah. Umumnya sih besaran BBN 10 persen dari harga faktur. Itu belum termasuk biaya pajak kendaraan bermotor dan biaya lain-lain. Sedangkan Viar Cross X 250 SE hanya dijual off the road tanpa surat-surat jadinya lebih murah.

Ya itu hanya harga perkiraan saja sekitar Rp 40 jutaan. Kalaupun lebih dari Rp 40 juta, kemungkinan lebihnya sedikit saja, nggak banyak. Kalau di bawah Rp 40 juta sih sepertinya sulit, walaupun itu juga bukan hal yang mustahil. Sampai saat ini belum ada informasi mengenai kemungkinan harga Zongshen RX3 by Viar. Nanti coba korek-korek informasi dulu deh, kali aja bisa dapat bocoran. Ditunggu dulu saja mas bro kehadiran Zongshen RX3 di booth Viar pada PRJ Kemayoran 2016!

Viar-Zongshen-RX3-001


Advertisements