Motor Adventure-Tourer 250 cc Dari Viar Sudah Pakai Mesin Injeksi

Zongshen-RX3-004

Mas bro… Viar Motor Indonesia diketahui sedang melakukan pengetesan secara intensif terhadap motor adventure-tourer 250 cc yang wujudnya identik dengan Zongshen RX3 di China maupun Cyclone RX3 di Amerika Serikat. Sayangnya hingga sekarang Viar masih belum menentukan apa nama motor adventure-tourer baru ini, jadi kita sebut saja sebagai Zongshen RX3.

Kabar terbaru dari Motorplus Online menyebutkan kalau mesin yang digunakan motor adventure-tourer 250 cc milik Viar ini nanti identik dengan motor off road Viar Cross X 250 SE yang sudah di pasarkan sejak lebih dari setahun yang lalu. Hal itu sebenarnya nggak begitu mengherankan karena Viar Cross X 250 SE sendiri mengambil basis platform maupun mesin milik Zongshen XZ250R. Namun, walaupun basisnya sama, tetap saja ada perbedaan antara mesin motor adventure-tourer 250  cc (Zongshen RX3) dengan motor off road Viar Cross X 250 SE. Apa bedanya?

Mas Frengky Osmond selaku Marketing Communication Division PT Triangle Motorindo (Viar Motor Indonesia) mengatakan kalau motor adventure-tourer 250 cc dari Viar itu nanti sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. “Basisnya hampir sama dengan Viar Cross X 250 SE karburator yang sudah kaya torsi. Namun yang ini kemungkinan bakal pakai injeksi. Ada ubahan di final gear agar dapat melaju lebih mulus di jalan aspal,” tuturnya.

Penggunaan sistem pembakaran injeksi pada calon motor adventure-tourer 250 cc dari Viar juga bukan hal yang ganjil. Saat ini Indonesia menerapkan standar uji emisi Euro 3 untuk motor baru, dan penerapan sistem pembakaran injeksi menjadi salah satu cara agar motor lulus uji emisi ketika melakukan uji tipe. Sedangkan ubahan final gear jelas diperlukan karena antara Viar Cross X 250 SE dan Zongshen RX3 memiliki tipe yang berbeda dengan karakter berbeda pula. Viar Cross X 250 SE begitu ganas di lintasan off road tapi tidak nyaman ketika melaju di jalan aspal lantaran napasnya pendek-pendek di setiap gigi dan top speednya rendah. Di lain pihak, Zongshen RX3 bakal lebih sering dipakai untuk perjalanan jarak jauh di jalan aspal. Paling hanya sesekali dipakai di lintasan off road yang ringan.

Advertisements