Benelli Persiapkan Dua Motor Naked Sport: 750 Twin dan 899 Triple

Benelli-BJ750GS-003

Di EICMA Milan 2015 lalu brand motor asal Italia yang kini sudah dikuasai oleh Qianjiang (China), memperkenalkan beberapa motor baru di antaranya Benelli TRK 502, Benelli Leoncino, Benelli Tornado 302, dan Benelli Tornado Naked T. Meskipun keempat motor baru itu belum juga dilempar ke pasaran, namun Benelli dikabarkan sudah mempersiapkan dua produk baru lagi. Bedanya, dua produk terakhir ini bakal mengisi segmen menengah ke atas dengan kubikasi mesin lebih besar dan desain yang sesuai dengan selera konsumen di Eropa.

Bukan apa-apa mas bro, selama ini motor-motor andalan Benelli di pasaran Eropa seperti varian 899 dan 1130 yang memakai mesin tiga silinder (triple) sudah cukup usang, serta lama sekali tidak mendapatkan update baik di sektor desain maupun mesin. Oleh karena itu, Benelli merasa perlu membangun motor baru yang bisa menggairahkan kembali eksistensinya di pasar Eropa, sekaligus bersaing dengan produk dari brand-brand asal Jepang maupun brand Eropa. Memang motor apa saja yang sedang dipersiapkan oleh Benelli?

Benelli 750 Twin

Salah satu produk baru Benelli yang akan datang adalah motor dengan tipe naked sport yang menggunakan mesin 750 cc parallel-twin alias dua silinder sejajar. Belum diketahui apa nama produk ini nanti di pasaran karena Benelli sendiri belum mengumumkannya. So, untuk sementara waktu kita panggil saja dengan Benelli 750 Twin. MotorBeam menyebut mesin Benelli 750 Twin bisa menyemburkan tenaga hingga 100 HP. Desainnya sendiri cukup manis, modern, dan cenderung mirip dengan Ducati Monster series yang mengandalkan frame model trellis, tangki membulat besar, headlamp model rounded, sedangkan swingarmnya menggunakan model twin-tube menyerupai Kawasaki ER-6n.

Jika biasanya Benelli menyematkan knalpot under seat pada motor-motor sportnya, kali ini Benelli mengaplikasikan sebuah knalpot di sebelah kanan (right-hand side) dengan ukuran yang tergolong jumbo. Kenapa? Itu menjadi cara agar Benelli 750 Twin bisa lolos regulasi uji emisi dengan standar Euro 4 yang diterapkan oleh Eropa mulai tahun 2017 mendatang. Sejumlah fitur canggih juga akan disematkan oleh Benelli pada motor baru ini, salah satunya adalah layar LCD berukuran besar yang dipasang di dashboard. Layar ini menyediakan berbagai instrumentasi, termasuk putaran mesin (rpm), kecepatan, indikator bahan bakar, indikator suhu mesin, indikator gear transmisi, dan jam.

Benelli-BJ750GS-001

Benelli-BJ750GS-002

Benelli 899 Triple

Motor kedua yang sedang dipersiapkan oleh Benelli memiliki kapasitas mesin 899 cc tiga silinder. Karena belum ada namanya, kita sebut saja dengan Benelli 899 Triple. Sebelumnya Benelli memang sudah memiliki lineup motor 899 cc tiga silinder, yaitu Benelli TNT 899 dan Benelli Cafe Racer 899. Namun, Benelli 899 Triple yang baru ini jelas memiliki desain berbeda dan lebih fresh. Mesinnya masih sama dengan Benelli 899 terdahulu, hanya saja dikonfigurasi ulang agar lolos uji emisi Euro 4 yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal sekitar 123 HP. Terlihat dari desain knalpot yang kini berada di sebelah kanan berukuran besar, tidak lagi menggunakan knalpot model under seat. Frame motor ini juga masih menggunakan model trellis dan satu buah radiator, berbeda dengan Benelli 899 yang ada sekarang menggunakan dua buah radiator. Tentu saja ini menjadi langkah Benelli untuk memangkas biaya.

Pemangkasan biaya juga sangat mungkin dilakukan pada bagian suspensi dan sistem pengereman. Kalau Benelli 899 yang sudah ada menggunakan suspensi depan model upside down buatan Marzocchi dan rem Brembo, sangat mungkin Benelli 899 Triple yang baru menggunakan suspensi dan rem buatan Benelli sendiri. Kabar mengenai suspensi yang dipakai Benelli 899 Triple ada dua versi. Versi pertama menyebutkan Benelli tetap mengandalkan suspensi buatan Marzocchi, sedangkan versi kedua menyebut Benelli bisa memproduksi suspensi sendiri maupun diproduksi oleh brand lain yang lebih murah dengan spesifikasi setara dengan suspensi buatan Marzocchi. Jika proses sertifikasi uji emisi Euro 4 berjalan mulus, Benelli 750 Twin dan Benelli 899 Triple bakal diluncurkan pada akhir tahun 2016.

New-Benelli-899-Triple-001

Advertisements