• Home »
  • Article »
  • Menerka Harga KLX150 Versi Amerika Jika Benar Dipasarkan di Indonesia

Menerka Harga KLX150 Versi Amerika Jika Benar Dipasarkan di Indonesia

KLX140L

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dikabarkan siap beraksi dengan menggelontorkan Kawasaki KLX150 versi Amerika Serikat di Indonesia. Kawasaki KLX150 sendiri di Amerika Serikat disebut dengan Kawasaki KLX140. Meskipun dari segi mesin masih bisa dibilang sama persis, antara Kawasaki KLX150 (versi Indonesia) dan Kawasaki KLX140 (versi Amerika Serikat) memiliki sejumlah perbedaan, seperti pada bagian bodywork, suspensi belakang, frame, swingarm, knalpot, gas, hingga kanvas kopling. Lalu kira-kira berapa ya bandrol harga Kawasaki KLX140 (versi Amerika Serikat) jika benar dipasarkan di Indonesia?

Motorplus Online merupakan media pertama yang menghembuskan kabar mengenai akan hadirnya Kawasaki KLX140 ke Indonesia. Diberitakan kalau Kawasaki KLX140 bakal meluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat, dengan lokasi peluncuran di Tangerang, Banten. Meskipun demikian, Motorplus Online masih belum mendapatkan clue berapa perkiraan harga Kawasaki KLX140 di Indonesia. Sebagai gambaran saja, Kawasaki KLX140 di Amerika Serikat dijual dengan harga US$ 3.099 atau setara dengan Rp 42 jutaan (kurs Rp 13.600), sedangkan Kawasaki KLX140L dijual dengan harga US$ 3.399 yang setara dengan Rp 46 jutaan.

KLX140L

Di Amerika Serikat, Kawasaki KLX140 diposisikan sebagai motor enduro murni dan dijual dalam bentuk off the road. Sampai sekarang masih belum diketahui apakah di Indonesia motor ini juga dijual dalam bentuk off the road atau dalam bentuk on the road seperti halnya Kawasaki KLX150 series yang sudah ada. Jika sama-sama dijual dalam bentuk on the road, bukan sebuah hal yang mustahil kalau Kawasaki KLX140 bakal memiliki bandrol harga lebih mahal. Kenapa? Kawasaki KLX140 banyak dijelali oleh part yang lebih advance daripada Kawasaki KLX150 di Indonesia. Misalnya saja di bagian suspensi belakang sudah menggunakan mono shock dengan piggyback reservoir (tabung), kanvas kopling lebih bagus yang awet ketika digunakan enduro di medan berat sekalipun, frame dan swingarm terlihat lebih kokoh, serta mengaplikasikan gas spontan yang dipadu dengan karburator Keihin PB20.

Oh ya, walaupun misalnya KMI memboyong Kawasaki KLX140, tapi motor itu nggak mentah-mentah diimpor dari Amerika Serikat… Di Indonesia KMI sudah punya pabrik sendiri. Bisa saja motor itu diproduksi di Indonesia seperti halnya Kawasaki KLX150. Tapi bukan nggak mungkin Kawasaki KLX140 didatangkan secara impor dari negara tetangga, Thailand. Soalnya KMI sudah mengumumkan tahun ini bakal meluncurkan empat produk baru yang semuanya merupakan produk impor utuh (CBU/completely built up). Dengan melihat berbagai keunggulan part yang dimiliki, mungkin saja Kawasaki KLX140 dijual dengan harga Rp 36-40 juta di Indonesia. Ini hanya prediksi saja ya. Apalagi setelah melihat harga varian tertinggi Kawasaki KLX150 BF yang sudah tembus Rp 32,4 juta on the road Jakarta. Rasanya harga di atas Rp 36 juta on the road untuk Kawasaki KLX140 bukan kemustahilan. Apakah harga ini menarik? Pasti banyak yang bilang tidak menarik karena mesinnya masih sama saja dengan Kawasaki KLX150 di Indonesia. Tetap pakai mesin 144 cc, SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara dengan tenaga dan torsi minimalis. Tapi bukan Kawasaki namanya kalau nggak melakukan hal gila. Iya kan?

Detail Shot


Advertisements