• Home »
  • Article »
  • Sukses di Segmen Enduro dan Motocross, KTM Pikirkan Bikin Motor Trial

Sukses di Segmen Enduro dan Motocross, KTM Pikirkan Bikin Motor Trial



KTM-Freeride-250-R-002

Brand motor asal Austria, KTM, selama ini dikenal sangat kuat di segmen motor off road, baik itu dalam kategori motor enduro maupun motocross. Bahkan KTM dikenal begitu mendominasi pasar motor off road secara global. Sayangnya, KTM masih belum memiliki lineup motor trial yang sudah digarap oleh brand-brand motor lainnya seperti Gas Gas, Beta Motorcycle, Sherco, maupun Honda. Yups… Trial merupakan satu-satunya motor off road yang belum dimiliki oleh KTM. Apakah KTM tidak berniat memproduksi motor off road?

Dalam wawancara dengan majalah otomotif yang khusus mengulas mengenai dunia off road roda dua, Enduro Illustrated, Head of Research and Development KTM Phillip Habsburg mengatakan bahwa KTM sudah memikirkan mengenai motor trial. “Jika saya mengatakan kepada Anda kalau kami tidak pernah berpikir mengenai motor trial berarti saya bohong! Ya, kami memikirikan untuk membuat motor trial karena itu merupakan model motor off road yang belum kami miliki di dalam program kami,” ujar Habsburg.

Habsburg menambahkan, membuat motor trial yang bagus bukan perkara sulit bagi KTM karena brand motor asal Austria ini sudah memiliki infrastruktur yang bagus dan jaringan dealer yang luas. Bahkan KTM cukup percaya diri bisa mendapatkan sepertiga market share jika masuk ke dalam segmen motor trial. Namun di sisi lain, dia menilai pasar motor trial di dunia begitu kecil, membuat KTM berpikir keras sebelum masuk ke segmen ini. “Pasar motor trial sangat kecil. Kami berbicara mengenai motor yang bisa terjual 8.000-10.000 unit per tahun dari seluruh dunia,” kata dia.

Melihat kecilnya pasar motor trial di dunia, sepertinya KTM masih belum berencana memproduksi secara massal motor trial. “Tentu saja sangat mudah bagi KTM untuk memproduksi motor trial karena kami memiliki infrastruktur yang bagus dan jaringan dealer luas. Bahkan jika Anda menginginkan motor trial terbaik, mungkin kami bisa mendapatkan sepertiga market share. Untuk melakukannya, Anda perlu mengembangkan lineup mesin yang benar-benar baru, sasis baru, dan suspensi baru. Jadi, ya kami sudah berpikir mengenai hal itu dan kami sudah melakukan beberapa pengembangan terhadap motor trial, tapi kami belum memiliki rencana untuk memproduksinya,” imbuh Habsburg.

Ternyata secara diam-diam KTM sudah mengembangkan motor trial. Sayangnya pasar motor trial yang begitu kecil membuat KTM belum berencana memproduksinya dalam waktu dekat. Mungkin ke depan kalau pasar motor trial sudah mulai meningkat lebih tinggi, KTM mau tidak mau akan terjun juga. Untuk sementara waktu, di segmen motor off road, konsumen hanya bisa menikmati produk motor enduro dan motocross saja dari KTM. Toh KTM sekarang juga memiliki KTM Freeride 250 R dan KTM Freeride 350, motor enduro yang punya karakteristrik seperti motor trial.

KTM-Freeride-250-R-009


Advertisements